in

Hadiri Pertunjukan Kesenian, Bupati Blora : Banyak Desa di Hutan Masih Blank Spot

Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi hadir dalam pertunjukan kesenian Blora, dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora di Pendopo Kecamatan Blora, Sabtu (11/12). (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi meminta agar Dinas Kominfo mengupayakan agar warga di setiap wilayah di Blora dapat mengakses internet. Menurut Bupati, masih ada wilayah yang warganya susah mendapatkan sinyal untuk mengakses internet.

Hal itu disampaikan Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi, saat hadir menyaksikan pertunjukan dua kelompok kesenian Blora, yang berkolaborasi menyemarakkan peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora di Pendopo Kecamatan Blora, Sabtu (11/12).

Pergelaran kesenian yang digelar Dinkominfo Blora bekerja sama Ditjen Bea dan Cukai tersebut, untuk menyosialisasikan ketentuan di bidang cukai tembakau 2021 (DBH CHT),

Hadir pada acara itu, Forkopimcam Blora, Sekdin Kominfo Bambang Setya Kunanto, SE, Sejumlah Kepala Bidang dan Kepala Seksi Dinkominfo Blora, kepala desa dan lurah se wilayah kecamatan setempat.

Lebih lanjut Bupati mengatakan tantangan yang dihadapi Kadinkominfo, adalah mengupayakan agar sinyal internet terjangkau di semua wilayah. “Kepala Dinas Kominfo menyampaikan bahwa tantangan ke depan, bagaimana Blora ini, dari sisi dunia maya bisa eksis. Oleh karana itu, kami minta Kadinkominfo, sinyal harus tersebar di seluruh pelosok Kabupaten Blora. Masih banyak wilayah desa hutan yang blank spot,” kata Bupati, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Bupati menyebut kecamatan Randublatung dan Jati, masih ada daerah yang belum terjangkau sinyal internet.

“Kami akan bekerja sama dengan Telkomsel, agar informasi dan sebagainya bisa di akses. Apalagi ada pembelajaran tatap muka, ada juga yang daring. Ini ke depan penting sekali,” kata dia.

Bupati juga menginginkan agar ke depan, ada digitalisasi di Blora. Oleh karena itu, Bupati meminta Dinkominfo berperan dalam pengembangan komunikasi dan informasi, agar Blora semakin maju.

“Oleh karena itu mohon dukungannya juga dari Pak Camat dan seluruh jajaran. Untuk Kecamatan Blora ini, karena letaknya di ibu kota Kabupaten, tentunya harus menjadi contoh untuk kecamatan lainnya,” ungkapnya.

Bupati juga mohon doa, agar pada HUT Ke-272 Kabupaten Blora, wilayah ini semakin maju dan masyarakatnya lebih sejahtera.

“Kami optimistis menatap masa depan. Tentunya dengan dukungan seluruh masyarakat di Kabupaten Blora dan bersama-sama Sesarengan Mbangun Blora,” kata dia.

Lebih lanjut Bupati Blora yang akrab disapa Mas Arief ini, juga menyampaikan apresiasi atas sinergitas Dinkominfo Blora, Dirjen Bea dan Cukai, serta Kecamatan Blora, yang telah menyelenggarakan pergelaran kesenian ini.

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya. Semoga kegiatan seperti ini nantinya di tahun depan dari Dinkominfo terus bisa dilakukan keliling. Kemarin kami dari kecamatan Cepu wayangan. Mungkin nanti keliling di kecamatan lain. Ada potensi seni lain, barongan, tayub, dan kethoprak. Ini memang menjadi potensi di Kabupaten Blora dan terus kita uri-uri, kita jaga,” kata Bupati Blora.

Bupati juga berharap wabah Covid-19 segera berakhir, sehingga pada tahun depan, mulai Janunari, bisa diselenggarakan pergelaran-pergelaran kesenian secara langsung, walaupun dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Ini test-nya pada akhir tahun ini. Kalau pada akhir tahun ini kita lolos, maka InsyaAllah mulai Januari 2022, nanti kita izinkan pegelaran-pegelaran bersyarat secara langsung,” ucap Bupati.

Sementara itu dalam pergelaran kesenian di Pendopo Kecamatan Blora itu, dua kelompok seni tampil berkolaborasi, menyemarakkan peringatan Hari Jadi Ke-272 Kabupaten Blora.

Penampilan kelompok seni barongan Sami Mulang Joyo dan seni musik Bhatika Nada Campursari itu, juga dapat disaksikan masyarakat, baik secara virtual maupun langsung  terbatas.

Tantangan

Sementara itu Kepala Dinkominfo Blora, Pratikto Nugroho SSos MM, mengatakan tantangan ke depan yang dihadapi, adalah terus menyosialisasikan ketentuan di bidang cukai tembakau.

Selain itu pihaknya berupaya untuk membangun jejaring internet. “Ke depan kami akan terus memberikan fasilitas layanan kepada masyarakat, terkait penggunaan jaringan internet. Bagaimanapun kami ini panglimanya di dunia maya,” terangnya.

Dikatakan Pratikto, pada 2022 pihaknya akan memfasilitasi kegiatan-kegiatan. Ada Media Center dan Command Center yang akan disediakan.

“Juga ada satu ide kreatif, terkait nanti penyediaan literasi center yang akan kami sediakan. Jadi misalnya masyarakat Blora ingin tahu sejarah Blora tinggal ngeklik, misalnya Samin, maka semua informasi akan tersaji, sehingga semakin cepat,” paparnya. (HS-08)

Polda Jateng Bakal Amankan 3.000 Gereja saat Perayaan Natal

Sosialisasikan Ketentuan Cukai, Dinkominfo Blora dan Bea Cukai Gelar Pentas Kesenian