in

Hadiri Interaktif Seminar di Arab Saudi, Menkeu Sampaikan Capaian Presidensi G20 Indonesia

Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam Sidang Tahunan IsDB ke-48, baru-baru ini di Jeddah, Arab Saudi. (Foto : kemenkeu.go.id)

 

HALO SEMARANG – High-Level Interactive Seminar, yang diselenggarakan oleh Islamic Development Bank (IsDB) di Jeddah, Arab Saudi, belum lama ini, menjadi peluang bagi Menteri Keuagan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, untuk membagikan pengalamannya dalam Presidensi G20 Indonesia.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati, seperti dirilis kemenkeu.go.id, dalam kesempatan itu, menjelaskan bahwa Presidensi G20 Indonesia, berhasil meraih capaian penting bagi perekonomian dunia.

Dalam situasi ketegangan global Presidensi Indonesia berhasil melahirkan leaders declaration, utamanya pada tiga agenda prioritas, yaitu menguatkan sistem kesehatan global, mengakselerasi transisi energi, dan transformasi digital.

Selanjutnya, Menkeu juga menyebut capaian signifikan Presidensi G20 Indonesia mencakup salah satunya adalah deklarasi untuk mengimplementasikan Two-Pillar International TaxPackage pada G20 Bali Leaders’ Declaration November 2022 lalu.

Selain itu, negara anggota G20 juga telah menjanjikan 81,6 milyar dollar AS melalui Resilience and Sustainability Trust (RST), untuk membantu negara-negara berpenghasilan rendah dan rentan, termasuk yang disebabkan oleh pandemi dan perubahan iklim.

Presidensi G20 Indonesia juga menekankan pada pentingnya mekanisme transisi energi (Energy TransitionMechanism/ETM) sebagai skema untuk mencapai target net-zero emission.

Sebagai Troika G20, Indonesia akan terus mengadvokasikan pentingnya pandemicfund, kegiatan transisi energi, serta ETM pada Presidensi India tahun ini.

Sebagai penutup, Menkeu Sri Mulyani juga ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas dukungan IsDB selama Presidensi G20 Indonesia 2022 lalu.

Menurut Menkeu, kerja sama merupakan jalan untuk mewujudkan keadilan dan kemajuan dalam kondisi geopolitik yang sangat dinamis. (HS-08)

Tingkatkan Kepemilikan Saham IsDB, Peringkat Indonesia Lompat dari 12 ke 3

Dibuka, Seleksi 30 Kuota Beasiswa Kuliah ke Maroko 2023