in

Hadiri Haul Syech Abdul Qadir Jailani di Lampung, Ganjar Dapat Curhat Soal UU Pesantren

Bakal capres 2024, Ganjar Pranowo hadir dalam acara Haul Syech Abdul Qadir Al Jailani, di Ponpes Roudlotussholihin, Purwosari, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah. (Foto : Istemewa)

 

HALO SEMARANG – Bakal capres 2024, Ganjar Pranowo berkegiatan di Lampung, Rabu (25/10/2023).

Di sela banyaknya kegiatan, Ganjar menyempatkan hadir dalam acara Haul Syech Abdul Qadir Al Jailani, di Ponpes Roudlotussholihin, Purwosari, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah.

Tak hanya disambut puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah di Sumatra, kedatangan Ganjar juga disambut hangat sejumlah kiai dan pengasuh pondok pesantren se-Lampung, Sumatra Selatan (Sumsel) dan Sumatera Barat (Sumbar).

Ganjar juga sempat diajak berdiskusi dengan para kiai dan pengasuh ponpes dari berbagai daerah di Sumatra itu.

Sejumlah persoalan dibahas dalam pertemuan itu. Para kiai, ulama dan masyayikh, misalnya Pengasuh Ponpes Roudlotussholihin Kiai Ahmad Tajalli, Kiai Muhammad Toha, Kiai Khalwani dan puluhan kiai lainnya memberikan masukan ke Ganjar tentang banyak hal, salah satunya terkait undang-undang pesantren.

Kiai Basyaruddin Maisir, Pengasuh Ponpes Alhikmah Bandar Lampung misalnya, dia sangat senang bisa bertemu Ganjar.

Ia berharap Ganjar bisa memimpin Indonesia dan membawa kemajuan khususnya di bidang keagamaan dan pondok pesantren.

“Kami melihat bagaimana kiprah Pak Ganjar selama memimpin Jateng dua periode. Bapak begitu perhatian pada guru ngaji, peduli pada pondok pesantren dan lainnya. Kami hanya berharap, kalau bapak jadi presiden, bisa mengoptimalisasi tentang Undang-Undang Pesantren,” kata Kiai Basyaruddin.

Meski sudah disahkan, namun UU Pesantren lanjut Kiai Basyaruddin belum bisa dijalankan.

Apalagi di Lampung, ia mengatakan belum ada Perda yang mengatur untuk tindak lanjut UU Pesantren.

“Kami lihat di Jateng sudah berjalan, karena bapak peduli. Kami harap kalau nanti Pak Ganjar jadi pemimpin tertinggi di negeri ini, bapak bisa memerintahkan semua daerah menindaklanjuti UU Pesantren ini,” ucapnya.

Selain soal pondok pesantren, banyak ulama dan kiai yang mengusulkan pada Ganjar tentang pentingnya menjaga integritas. Mereka juga berharap Ganjar bisa mempercepat pembangunan di Indonesia.

“Pak Ganjar ini integritasnya tidak diragukan lagi, kapabilitas beliau dan track reccord beliau membuktikan kalau berpengalaman. Menjadi anggota DPR RI dua periode dan gubernur dua periode, kami yakin pak Ganjar betul-betul bisa memimpin dengan baik khususnya dalam menjaga integritas,” ucap Wakil Rois ‘Aam Jamiyyah Thariqat Muktabaroh, Kiai Raden Muhammad Sholeh Bajuri.

Ganjar sendiri sangat senang bisa datang dalam acara Haul Syech Abdul Qadir Al Jailani di Lampung.

Menurutnya, acara yang digelar sangat ramai san dibadiri para ulama dari berbagai daerah di Indonesia.

“Tadi saya banyak mendapat masukan dari para ulama, ada soal ponpes, pendidikan keagamaan dan lainnya. Doa dan harapan disampaikan dari mereka para ulama kita yang selalu menginginkan kesejahteraan untuk masyarakat,” kata Ganjar.

Selain itu, obrolan soal politik juga disampaikan. Ganjar dan ulama se-Lampung, Sumsel dan Sumbar yang hadir dalam acara itu sepakat untuk mewujudkan politik yang damai dan menggembirakan.

“Di tengah politik yang tensinya naik, kita tetap bisa mendinginkan hati dan pikiran agar bisa mencegah potensi-potensi yang tidak diinginkan. Dan para ulama sepakat itu, kita senang ikut mendengarkannya,” kata dia. (HS-08)

Dapat Kepercayaan Besar dari Poch

Polrestabes Semarang Amankan Puluhan Pelaku Tawuran Bercelurit