in

Hadiri Halal Bihalal, Bupati Kendal: HIPMI Harus Bisa Buka Lapangan Pekerjaan

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto berfoto bersama pengurus BPD HIPMI Jateng dan BPC HIPMI Kendal saat acara Halal Bihalal di salah satu pemancingan di Kecamatan Rowosari, Kendal, Minggu (7/5/2023).

HALO KENDAL – BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Kendal, menggelar Halal Bihalal dan Silaturahmi di salah satu pemancingan di Kecamatan Rowosari, Kendal, Minggu (7/5/2023).

Acara yang bertema “Silaturahmi untuk Meningkatkan Kolaborasi Menuju Kemandirian Pengusaha Muda” dihadiri Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Ketua BPD HIPMI Jawa Tengah, Rudi Wulan Prasetyo, Ketua BPC HIPMI Kendal, Ariefianto serta jajaran pengurus Jawa Tengah dan Kendal.

Dalam sambutannya, Ketua HIPMI Kendal mengatakan, program HIPMI selalu sejalan dengan program yang dilaksanakan pemerintah daerah. Sehingga HIPMI Kendal mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kendal dalam empat pilar pembangunan.

“Yaitu Pembangunan Industri, Pengembangan Pariwisata, Pengembangan UMKM, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,” tandas Ariefianto.

Untuk itu, sesuai program Pemkab Kendal yaitu pengembangan sumber daya manusia (SDM), HIPMI juga memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan SDM, salah satunya dengan penyerapan tenaga kerja.

“HIPMI Kendal selalu ikut mendorong bagaimana program pembangunan di Kabupaten Kendal. Sehingga apa yang dilakukan HIPMI dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat,” tandas Ariefianto.

Sementara dukungan visi misi yang lain, lanjutnya, yaitu terkait pengembangan pariwisata. Menurut Ariefianto, banyak potensi pariwisata yang dapat dikembangkan. Untuk itu, peran HIPMI diharapkan mampu ikut mempromosikan potensi wisata, khususnya yang ada di Kendal.

“Momentum ini merupakan kebanggaan kita bersama, karena kita dapat berkumpul dan duduk bersama dalam mendukung program pembangunan dengan bersinergi dan saling mensuport, khususnya dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Kendal,” imbuh Ariefianto.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto berharap, HIPMI dapat mengembangkan berbagai sektor usaha. Karena menurutnya, sektor usaha merupakan salah satu yang paling penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan.

“Jadi sinergitas antara pemerintah dengan teman-teman pengusaha, khususnya pengusaha muda ini, ke depan harus lebih baik lagi. Komunikasi dua arah, saran dan masukan, supaya kita bisa mempersiapkan stimulus yang tepat. Jadi stimulus yang kita berikan bisa bertumbuh investasi yang lebih besar lagi. Itu menjadi kunci utama dalam kolaborasi membangun,” ujarnya.

“Jadi pembangunan tidak hanya mengandalkan APBN atau APBD, tapi kita harus berpikir lebih jauh, bagaimana APBD yang kita berikan, itu mendapatkan stimulus dan bisa ditangkap para investor serta menjadi nilai tambah investasi tersebut,” imbuh Bupati.

Selain itu, dirinya berpesan kepada HIPMI supaya bisa memberikan motivasi kepada masyarakat Kendal, untuk menciptakan kiwirausahaan. Sehingga bisa terus bertambah.

“Sebab harus kita akui, pemerintah kalau tidak dibantu oleh para pengusaha atau wirausahawan, tidak mungkin bisa memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat. Bukan hanya perusahaan besar, usaha kecil pun juga turut membantu menciptakan lapangan pekerjaan. Jika tidak dibantu pengusaha, pemerintah tidak bisa apa-apa. Karena yang paling sulit adalah menangani kemiskinan dan pengangguran,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua HIPMI Jawa Tengah, Rudi Wulan Prasetyo berharap, dengan sinergitas HIPMI Kendal dengan pemerintah daerah terus terjaga dan ke depannya lebih baik lagi. Sehingga HIPMI Kendal mampu berkontribusi bagi kemajuan Kendal.

Menurutnya, sinergitas yang baik antara HIPMI dengan pemerintah daerah tercermin, dengan kegiatan yang dihadiri pemimpin daerah.

“Kita tidak mungkin berbisnis sendirian, tetapi harus berkolaborasi dengan pemerintah dan berbagai stakholder, yang tujuannya untuk ikut memajukan perekonomian di Indonesia,” ungkap Rudi.(HS)

DPC PDIP Kota Semarang: Menangkan Ganjar di Pilpres 2024 Tidak Perlu Branding yang Sulit

Wali Kota Apresiasi Banyak Event Spektakuler Digelar Peringati HUT ke-476 Kota Semarang