Hadapi Bencana, Umat Muslim Dianjurkan Tetap Sabar dan Tawakal

Pengajian rutin ulama, umaro, dan masyarakat di Pendapa Rumah Dinas Bupati Purworejo. (Foto : Purworejokab.go.id)

 

HALO PURWOREJO – Dalam beberapa pekan terakhir ini, Indonesia dilanda berbagai bencana. Umat manusia di seluruh dunia juga masih menghadapi bencana, yakni pandemi Covid-19.

Kyai Abdurrokhib dalam tausiahnya, mengatakan bahwa pandemi Covid-19 ini adalah ujian dari Allah SWT untuk seluruh alam. Umat muslim dianjurkan untuk tetap bersabar dan bertawakal kepada-Nya.

Tausiah itu disampaikan Kyai Abdurrokhib, dalam pengajian rutin ulama, umaro, dan masyarakat di Pendapa Rumah Dinas Bupati Purworejo, belum lama.

Karena berlangsung dalam masa pandemi, kegiatan itu dilakukan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan. Walau pun demikian, acara pengajian tersebut tetap berlangsung secara khidmat.

Hadir dalam pengajian tersebut Assisten Administrasi dan Kesra, Kabag Kesra Setda, Camat Loano, dan beberapa unsur terkait lainya.

“Di antara adab ketika turun musibah, adalah hendaknya seseorang berpikir buruk tentang dirinya dengan berkata, ‘Mungkin Allah mengujiku dan orang-orang lainnya karena dosa-dosaku,’ sehingga yang harus dilakukan adalah dengan bertaubat. Dan hendaknya kita berprasangka baik, karena Allah Maha Tahu atas semua kejadian ini,” kata Kyai Abdurrokhib, seperti dirilis Purworejokab.go.id.

Assisten Administrasi dan Kesra Drs Pram Prasetya Achmad MM, dalam kesempatan itu juga mengatakan, bencana demi bencana menimpa negeri ini secara bertubi-tubi, mulai dari tanah longsor, banjir, tanah bergerak, gunung meletus dan sebagainya.

Ada pula bencana yang masih terus berlangsung, yakni pandemi Covid-19, yang membawa dampak teramat besar dalam kehidupan manusia di muka bumi.

“Pemerintah Kabupaten Purworejo, juga terus mengupayakan berbagai program untuk meringankan beban masyarakat, sesuai kemampuan dan sumber daya yang ada,” ungkapnya.

Di sisi lain, masyarakat juga diimbau untuk terus menerapkan protokol kesehatan dengan 5M, yakni memakai masker secara benar, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, membatasi mobilitas di tempat umum, dan menghindari kerumunan atau keramaian.

Dalam acara ini juga diberikan santunan dari Baznas Kabupaten Purworejo untuk 50 orang penerima, secara simbolik penyerahan santunan dilakukan oleh Asisten Administrasi dan Kesra didampingi Camat Loano. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.