in

H+4 Lebaran, Harga Daging Sapi dan Daging Ayam Turun

Pedagang Pasar Mangkang melayani pembeli daging sapi.

 

HALO SEMARANG – Empat hari setelah Lebaran Idul Fitri 2021 atau H+4 Lebaran terpantau harga daging sapi dan daging ayam di sejumlah pasar tradisional Kota Semarang mulai turun.

Sebelumnya, harga daging sapi dan daging ayam sempat naik menjelang Lebaran atau H-2 Lebaran. Harga daging sapi kualitas satu harganya hingga Rp 125 ribu/kg, dan daging ayam berkisar Rp 42 ribu/kg.

Biasanya daging sapi harganya berkisar di angka Rp 110 ribu-115 ribu/kg untuk daging sapi kualitas satu, dan Rp 38 ribu-40 ribu/kg untuk daging ayam.

Salah satu pedagang daging sapi di Pasar Mangkang, Sunyoto (47) mengatakan, penurunan harga daging sapi mulai terjadi H+1 atau Jumat (15/5/2021) hingga H+4 atau Senin (17/5/2021).

Untuk harga daging sapi kualitas nomor satu saat ini Rp 120 ribu/kg, yang sebelumnya saat Lebaran menyentuh Rp 125 ribu/kg.

“Dan untuk harga daging kualitas daging nomor dua saat ini Rp 118 ribu/kg, sebelumnya harga diangka Rp 120 ribu/kg. Sedangkan harga daging sapi kualitas nomor 3 saat ini Rp 105 ribu/kg, sebelumnya Rp 110 ribu/kg,” katanya, Senin (17/5/2021).

Dia menambahkan, untuk permintaan daging sapi saat Lebaran ada peningkatan jumlah. Biasanya per hari dirinya di hari biasa bisa menjual 50 kg, saat Lebaran ini naik menjadi 100 kg perharinya.

Namun adanya larangan mudik, diakuinya ada penurunan jumlah permintaan daging sapi saat Lebaran.

“Ada penurunan jumlah permintaan sekitar 20-25 persen dari saat Lebaran kondisi normal,” imbuhnya.

Senada dengan pedagang daging ayam, Kaswadi (55) mengatakan, harga daging ayam mulai turun pada H+3 Lebaran atau Minggu (16/5/2021), yakni Rp 40 ribu/kg dari harga sebelumnya saat Lebaran sampai Rp 42 ribu/kg. Untuk harga daging ayam, kata dia, harganya memang turun-naik, tergantung harga dari distributornya.

“Harganya bisa naik turun, tergantung distributornya, sebelum menjelang Lebaran harganya berkisar Rp 38 ribu/kg,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan dan Stabilitas Harga Dinas Perdagangan Kota Semarang, Sugeng Dilianto mengatakan, kenaikan harga daging sapi dan daging ayam menjelang Lebaran masih terjangkau. Dan kenaikan harga tidak terlalu signifikan dan masih stabil.

“Itu wajar, kenaikan harga daging sapi dan daging ayam terjadi dari tahun ke tahun. Pada momen Tahun Baru, Hari Besar Keagamaan seperti Lebaran,” katanya.

Memang, kata Dili, harga daging menjelang Lebaran ini hampir menyentuh Rp 120 ribu/kg, begitu juga terjadi pada tahun 2020 lalu juga sama harganya.

“Untuk memantau harga di pasar tradisional kami rutin melakukan monitoring bersama Dinas Ketahanan Pangan, Polrestabes dan Dinas Pertanian. Ini upaya kami untuk pengawasan antisipasi terjadinya kelangkaan bahan pangan dan gejolak harga di pasaran,” pungkasnya.(HS)

Ganjar: SOP Tempat Wisata Perlu Diaudit Rutin

Bupati Kebumen Ancam Tutup Lagi Objek Wisata yang Abaikan Protokol Kesehatan