Gus Yasin Kagum, Semangat Belajar Hafal Al-Quran Anak Difable Sangat Besar

Gus Yasin saat berbincang dengan santri berkebutuhan khusus di Ponpes Anak Difabel Al Firdaus, Kendal.

 

HALO KENDAL – Semangat anak difabel di Kendal untuk belajar Al-Quran yang sangat besar, membuat kagum beberapa pihak. Hal ini terlihat saat pembukaan Ponpes Anak Difabel Al Firdaus yang berada di Desa Tampingan, Kecamatan Boja, Kendal, oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, Rabu (27/1/2021).

Wagub yang akrab disapa Gus Yasin tersebut mengungkapkan, beberapa anak berkebutuhan khusus tersebut saat diminta untuk membacakan ayat Al-Quran bisa melantunkan dengan benar.

“Semangat para anak-anak berkebutuhan khusus untuk belajar agama khususnya hafal Al-Quran besar dan untuk belajar di Ponpes khusus difabel baru ada di Kendal ini. Meski demikian saat saya tanyakan pengasuh untuk anak tunanetra belum bisa, karena belum ada alat dan gurunya,” tuturnya.

- Advertisement -

Pihaknya juga mengapresiasi terhadap pondok pesantren yang khusus mengajari anak difabel. Apalagi dalam kegiatan belajar mengajar tidak dipungut biaya. Karena gratis, pihaknya akan mengupayakan bantuan terkait konsumsi.

“Karena keberadaan mereka tentunya adalah penerima manfaat dari Dinsos Jateng. Saya berdialog dengan anak difabel, dan saya terharu dengan semangat belajar mereka yang tidak kalah dengan anak-anak normal,” ungkapnya.

Sementara itu Pengasuh Ponpes Al Firdaus Fatchullah Akbar Allatif mengatakan, saat ini ada 76 santri berkebutuhan khusus yang menimba ilmu.

“Selama tiga tahun ini kami berupaya untuk membangun ponpes khusus anak difabel ini. Ide awalnya adalah keinginan beberapa pihak untuk menyentuh sisi religi dari anak yang berkebutuhan khusus ini,” ungkapnya.

Dirinya melihat bahwa siswa SLB Insan Tiara Bangsa diberikan materi pembelajaran bagaimana cara bertahan hidup. Kemudian berkembang mendirikan Ponpes Al Firdaus seperti saat ini.

“Santri mukim saat ini ada 18, karena mereka yang mukim harus sudah memiliki kemandirian,” pungkas Akbar.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.