in

Gus Yaqut: Kasus Petamburan Jangan Sampai Terulang, Pemerintah Harus Bertindak Tegas

Kader Ansor dan Banser Kendal saat mengikuti Apel Kebangsaan Virtual, Minggu (29/11/2020).

 

HALO KENDAL – Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Gus Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada pemerintah untuk bertindak tegas terkait berkumpulnya massa di Petamburan pada tempo hari, yang tidak mengindahkan kondisi pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Gus Yaqut dalam Apel Kebangsaan Virtual bersama kader Ansor dan Banser dari seluruh Indonesia, juga diikuti kader Ansor dan Banser dari Taiwan, Korea Selatan, Malaysia dan Mesir, Minggu (29/11/2020).

“Itu cukup yang pertama dan terakhir. Jangan ada lagi pertemuan-pertemuan yang mengatasnamakan apapun. Karena itu membawa risiko untuk masyarakat. Pemerintah harus bertindak, tidak peduli siapapun yang melanggar aturan harus ditindak tegas,” tegas Gus Yaqut.

Dikatakan, kader Ansor memiliki tanggung jawab menjaga bangsa Indonesia yang telah diperjuangkan oleh muasis-muasis Nahdlatul Ulama dan tanggung jawab kepada Ulama-ulama NU.

“Dalam situasi pandemi yang terjadi saat ini, mari kita juga jaga para kiai dari penularan Covid-19. Kita jangan dulu sowan kepada mereka, cukup ngalab berkah dari rumah saja. Itu sudah cukup,” ajak Gus Yaqut.

Dia juga menyerukan kepada tokoh-tokoh masyarakat yang menjadi panutan untuk mampu menjadi contoh dan teladan dalam pencegahan Covid-19. Dia pun mengaku sangat memahami jika ada keinginan beberapa tokoh untuk menggelar Maulid Nabi memperingati bulan kelahiran Nabi.

“Hal tersebut baik dan sah-sah saja. Namun keselamatan dan kesehatan masyarakat juga harus lebih diutamakan dan diperhatikan. Jangan hanya karena ingin Maulid Nabi kemudian kita menafikan keselamatan dan kesehatan masyarakat,” imbuh Gus Yaqut.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Kendal, Gus Misbahul Munir usai mengikuti Apel Kebangsaan Virtual di Gedug NU Kendal menyampaikan, kondisi di Kendal jauh lebih kondusif dan tidak pernah terjadi sesuatu seperti di Petamburan.

“Alhamdulillah, Kendal kondusif. Sesuai dengan arahan pimpinan, PC GP Ansor Kendal tidak akan menggelar kegiatan yang melibatkan orang banyak. Ansor dan Banser dalam apel kali ini juga tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Acara Apel Kebangsaan Virtual juga diikuti kader-kader Ansor yang menjadi kepala daerah seperti Bupati Batang Wihaji dan Bupati Pasuruan Gus Irsyad.(HS)

Mendez Akui McGregor sebagai Pemukul Terbaik

Duel Mike Tyson Vs Roy Jones, Hasil Adil Bagi Laga Eksebisi Mantan Juara Dunia