in

Guncangan Gempa Dirasakan Warga Maluku dan Ondong Sulawesi Utara Dini Hari Tadi

Ilustrasi foto: Peta guncangan gempa bumi di Provinsi Maluku dan Provinsi Sulawesi Utara dengan mangnitudo 5,6 pada Selasa (8/3/2022) dinihari. (Foto Dok. BMKG). 

HALO SEMARANG – Guncangan gempa dirasakan warga di wilayah Provinsi Maluku dan Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (8/3/2022) dini hari tadi. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menghimpun informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi di dua titik berbeda.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, gempa pertama terjadi di wilayah Provinsi Maluku dengan magnitude (M) 5.0 pukul 00.23 WIB. Pusat gempa berada pada 230 Kilometer (km) barat laut Maluku Tenggara Barat dengan kedalaman 147 Kilometer.

“Sedangkan gempa kedua terjadi di wilayah Ondong Kepulauan Sitaro dengan magnitude 5,6 pukul 01.13 WIB. Pusat gempa berada pada 65 Kilometer Tenggara Ondong, Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, dengan kedalaman 32 Kilometer,” terangnya, Selasa (8/3/2022).

Menurut Skala MMI, kata Muhari, gempa dirasakan dengan skala III di Manado, Siau dan Minahasa Utara, Skala II di Tondano dan Bitung.

“Berdasarkan pemodelannya, kedua gempa tersebut tidak memicu terjadinya tsunami. Namun demikian, para warga diminta tetap waspada terhadap potensi gempa susulan. Hingga kini Pusdalops BNPB masih memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD setempat guna mendapatkan informasi terkini dan dampak kerusakan di lokasi kejadian,” imbuhnya.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya gempa.

“Selain itu, kegiatan siskamling juga bisa dilaksanakan setiap malam. Warga berjaga untuk antisipasi risiko yang muncul untuk meminimalisir ancaman bahaya gempa bumi,” pungkasnya. (HS-06)

Menegakan Perda secara Humanis, Satpol PP Kota Semarang Raih Penghargaan Karya Bhakti dari Kemendagri

Gelar Pengajian Isra Mi’raj, Pemkab Kendal Ajak Masyarakat Bangkit Bersama dari Pandemi Covid-19