in

Gunakan Vibroseis, Pertamina Mulai Teliti Struktur Bawah Permukaan Sub-Vulkanik Jawa

Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan (tengah), menandatangani berita acara survei kebumian 2D vibroseis sub-vulkanik Jawa, untuk mencitrakan struktur bawah permukaan Kabupaten Boyolali. Kamis (7/10). (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Pertamina mulai melakukan Survei Kebumian 2D Vibroseis Sub-Vulkanik Jawa, untuk mencitrakan struktur bawah permukaan bumi, di Kabupaten Boyolali. Data hasil penelitian struktur ini, juga akan bermanfaat untuk mengetahui kandungan cadangan minyak dan gas bumi.

Senior Manager Exploration Operation dan Support Pertamina Hulu Energi, Farid Rahmadiyanto, dalam Sosialisasi Penelitian Survei Kebumian 2D Vibroseis Sub-Vulkanik Jawa, untuk Mencitrakan Struktur Bawah Permukaan,

Sosialisasi di Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Boyolali, Kamis (7/10) itu dihadiri pula oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan.

“Penelitian ini untuk mencitrakan struktur bawah permukaan sedimen sub-vulkanik menggunakan sumber gelombang vibroseis,” kata Farid Rahmadiyanto.

Dikatakan, penelitian untuk mempelajari citra sub-vulkanik yang dilaksanakan pada awal Oktober hingga Desember, dimulai dari Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Blora.

“Penelitian dimulai dari Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang dan berakhir di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora,” kata dia.

Farid juga menjelaskan dalam survei ini, tim peneliti akan menggunakan metode vibroseis. Metode ini mirip pemeriksaan menggunakan alat ultrasonografi (USG), untuk memeriksa kondisi bayi pada ibu hamil.

Adapun alat untuk melakukan penelitian kebumian ini, adalah mobil atau truk vibroseis, dan alat penerima yang akan dipasang di sepanjang lintasan area penelitian.

“Mobil vibroseis digunakan sebagai sumber gelombang dan baterai berfungsi sebagai penangkap gelombang, yang dihasilkan oleh mobil vibroseis. Lintasan area berada di jalan nasional,” kata dia.

Sementara itu, Wabup Iwan menyambut baik inovasi dari upaya Pertamina Hulu Energi dalam menambah ilmu pengetahuan.

“Dapat menambah data dan informasi kebumian di Jawa Tengah khususnya, dan di Indonesia pada umumnya. Sehingga kita semua dapat merasakan manfaat,” harap Wabup Iwan. (HS-08)

Share This

Ini Petuah Pembalap Senior buat Rider Muda

Disnakan Boyolali Pantau Kesehatan Reproduksi Sapi