in

Guna Mencukupi Kebutuhan Bagi Warganya, Pemdes Sarirejo Stok Oksigen Sendiri

Ambulans milik Desa Sarirejo, Kecamatan Kaliwungu untuk mengangkut dan mengantarkan oksigen ke beberapa warga yang membutuhkan.

 

HALO KENDAL – Dalam rangka mencukupi kebutuhan warga yang membutuhkan, Pemerintah Desa Sarirejo Kecamatan Kaliwungu, Kendal menyediakan stok oksigen sendiri.

Ini dilakukan, karena banyak warga yang terpapar virus Corona. Sehingga Satgas Penanganan Covid-19 Desa mengambil inisiatif.

Anggota Satgas Penanganan Covid-19 Desa Sarirejo, Eko Doni mengatakan, awalnya banyak warga yang positif Corona mengeluh sesak napas.

“Untuk itu pihak desa membeli oksigen sendiri agar penanganannya lebih cepat. Apalagi Desa Sarirejo juga memiliki ambulans sendiri,” ungkapnya Jumat (25/6/2021).

Ditambahkan, untuk sementara ada dua tabung berukuran sedang yang disimpan di Posko PPKM Mikro Desa.

“Namun saat ini masih dipakai oleh warga desa kami yang membutuhkan,” ujar Eko.

Dijelaskan, warga dengan gejala sesak napas yang membutuhkan oksigen, tinggal lapor ke Satgas Covid-19.

“Kemudian tabung oksigen segera kami antar ke rumah warga yang membutuhkan. Petugas Covid-19 Desa juga sudah diberikan pelatihan cara menggunakan peralatan oksigen oleh bidan desa,” jelas Eko.

Terpisah, Sekda Kendal, Moh Toha memastikan ketersediaan oksigen di semua rumah sakit di Kabupaten Kendal lebih dari cukup untuk satu sampai satu setengah bulan ke depan.

“Hal ini berdasarkan keterangan dari masing-masing rumah sakit saat rapat evaluasi penanganan Covid-19 bersama Bupati Kendal dan Forkopimda,” jelasnya.

Bahkan, lanjut Toha, untuk RSUD dan RSI Kendal tempat menyimpan untuk stok oksigen sudah terpusat, dan tidak menggunakan tabung lagi.

“Setiap membeli oksigen langsung menggunakan tanki untuk disimpan di tempat khusus, kemudian disalurkan menggunakan selang ke ruang-ruang pasien yang membutuhkan,” imbuhnya.

Disampaikan oleh Toha, semua rumah sakit, saat ini juga sudah siap menambah ruang untuk pasien Covid-19.

“Demikian juga beberapa puskesmas yang ada di Kabupaten Kendal, juga dijadikan tempat isolasi untuk merawat pasien Covid-19,” pungkasnya.(HS)

Share This

Cegah Terorisme di Jawa Tengah, BNPT RI Gelar Sosialisasi Sinergitas dengan Berbagai Lembaga

Disperkim: Di TPU Jatisari Sehari Rata-rata Ada Empat Sampai Lima Jenazah Covid-19 Dimakamkan