Gubernur Ganjar Dorong UMKM Wonogiri Produktif Saat Pandemi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto : Wonogirikab.go.id)

 

HALO WONOGIRI – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong UMKM di Wonogiri untuk produktif. UMKM dinilai menjadi salah satu cara menurunkan angka kemiskinan, memiiki kekuatan untuk terus beroperasi saat pandemi.

Hal ini disampaikannya Sabtu (10/4) saat Acara HUT Bank Jateng di Kompleks Kantor Cabang Wonogiri.

Pengentasan kemiskinan melalui UMKM, menurut Gubernur Ganjar, diibaratkan seperti memberi pancing, bukan memberi ikan. Pemerintah berperan memberikan pendampingan bagi masyarakat untuk mengembangkan UMKM.

“Mengentaskan kemiskinan melalui UMKM itu ibarat kita memberi pancing. Kasih kailnya, ajari tekniknya, skill mancingnya ini harus dikembangkan, jadi bukan hanya kasih charity, tapi kemampuannya dikembangkan,” katanya, seperti dirilis Wonogirikab.go.id.

Gubernur Ganjar menilai ada tiga hal utama dalam pengembangan UMKM yang harus diperhatikan, yakni pemasaran di era digital, pendampingan dan kemudahan akses modal, serta kualitas dan pengemasan produk UMKM.

“Di era digital ini, produk UMKM Jawa Tengah yang dipasarkan melalui marketplace ternyata meningkat smapai 113 persen. Jadi yang harus ditingkatkan ini ada tiga: marketing digital, pemberian fasilitas kredit oleh perbankan dalam hal ini Bank Jateng, dan packaging serta quality control produk,” lanjutnya.

Apabila sudah memenuhi tiga hal tersebut, Gubernur Ganjar yakin UMKM, khusunya di Wonogiri, dapat terus beroperasi saat pandemi. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.