in

Grand Launching Virtual Investment Gallery STIE Bank BPD Jateng

Grand Launching Virtual Investment Gallery STIE Bank BPD Jateng.

 

HALO SEMARANG – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bank BPD Jateng bersama PT CGS CIMB Sekuritas Indonesia menggelar peluncuran Virtual Investment Gallery secara daring dengan menghadirkan Financial Planner, Melvin Mumpuni, belum lama ini.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua STIE Bank BPD Jateng, Head of Retail Sales Chanel CGS CIMB Sekuritas Indonesia, Kepala Kantor IDX Perwakilan Jawa Tengah I, Kepala Cabang CGS CIMB Sekuritas Indonesia Cabang Semarang, Tim Digital Bisnis CGS CIMB Sekuritas Indonesia, dan sejumlah mahasiswa STIE Bank BPD Jateng.

Dalam sambutannya, Dr E Siti Puryandani, SE MSi selaku Ketua STIE Bank BPD Jateng mengucapkan terima kasih atas upaya kerja sama dengan CGS CIMB Sekuritas Indonesia.

“Kami sampaikan terima kasih atas upaya kerja sama dengan CGS CIMB Sekuritas Indonesia ini, di masa pandemi Covid-19 ini memaksa kita untuk terus mengikuti banyak perubahan yang ada, oleh karena itu, Virtual Investment Gallery ini tentunya pasti akan sangat bermanfaat dan menarik,” ungkap Siti Puryandani.

“Dengan adanya Virtual Investment Gallery ini, kita berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekonomi secara langsung dan tidak langsung. Serta mengajak mahasiswa untuk belajar lebih awal lagi bagaimana nanti membuat keputusan investasi dan langsung praktik dengan baik dan benar,” tambahnya.

Head of Retail Sales Chanel CGS CIMB Sekuritas Indonesia, Neniwati Kutiawan menyampaikan, bahwa atas kerja sama Bursa Efek Indonesia (BEI), STIE Bank BPD Jateng, dan CGS CIMB Sekuritas Indonesia memberikan terobosan baru dalam bentuk Virtual Investment Gallery dengan STIE Bank BPD Jateng.

“Situasi pandemi seperti ini begitu banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, misalkan perbankan yang sudah digital, pembayaran secara digital, belanja online secara digital, begitu juga kuliah yang dilakukan secara online. Dengan Virtual Investment Gallery yang hari ini diluncurkan, diharapkan dapat menjadi terobosan baru dan juga harapan baru,” ungkap Neni.

Neni menambahkan dengan diluncurkannya Virtual Investment Gallery, harapannya dapat terus terwujud melalui Virtual Investment Gallery. “Di mana kita dapat menyemangati kaum milenial untuk memulai berinvestasi di saham dan membudayakan mereka untuk melakukan investasi sebagai salah satu gaya hidup mereka sehari-hari,” ujarnya.

Sementara Fanny Rifqi El Fuad, Kepala Kantor IDX Perwakilan Jawa Tengah I mengatakan, untuk pengembangan pasar modal khusunya di daerah, BEI bekerja sama dengan perguruan tinggi dan juga perusahaan sekuritas mendirikan galeri investasi untuk meningkatkan kualitas pemahaman mahasiswa dan juga sivitas akademika terhadap pasar modal.

“Kita harapkan nanti terjadi link and match antara apa yang disampaikan dalam pembelajaran di kampus dengan praktik-praktik yang diajarkan di dalam galeri investasi, sehingga akan tercipta investor baru yang cerdas. Kelak ketika mahasiswa lulus mereka akan mendapatkan dua skill, yaitu softskill dan juga hardskill,” ungkap Fanny.

Galeri investasi BEI jumlahnya 507 dan tidak hanya di kampus, tetapi juga di komunitas dan di kantor pemerintahan. Diharapkan nantinya di tengah pandemi ini ada suatu inovasi yaitu galeri investasi digital.

Selain itu Fanny berharap dengan Virtual Investment Gallery yang dipelopori oleh CGS CIMB Sekuritas Indonesia ini bisa menjadi benchmarking bagi galeri-galeri investasi lainnya, sehingga tujuan dari pendirian galeri investasi ini lebih bisa menjangkau banyak mahasiswa dan juga masyarakat di sekitar kampus.

Dalam materi yang diberikan, Melvin Mumpuni seorang financial planner mengatakan, bahwa investasi pertama apabila kita sebagai seorang mahasiswa yaitu investasi pada diri kita sendiri. Caranya yaitu melalui pengetahuan, pengalaman, dan jaringan.

“Investasi awal jika kamu masih mahasiswa yaitu investasi di diri sendiri. Caranya yaitu melalui pengetahun, yang tadinya tidak paham menjadi paham tentang investasi saham. Selanjunya yaitu melalui pengalaman, tidak hanya tahu tentang teorinya tetapi di praktikkan misalnya menganalisis saham. Dan yang terakhir yaitu tambah jaringan, yang tadinya tidak kenal menjadi kenal,” ungkap Melvin.

Melvin juga memberikan tips dan trik rahasia mendapatkan Rp 100 juta pertama setelah lulus kuliah yaitu dengan modal awal, investasi berkala, periode waktunya, dan keuntungan investasi.

“Semakin besar modal awal, maka keuntungan yang didapat juga semakin besar. Semakin besar investasi berkala, maka keuntungannya juga semakin besar. Semakin panjang periode investasi, makan semakin besar pula keuntungan yang didapatkan. Dan yang terakhir keuntungan investasi, misal belajar tentang accounting menganalisis sehat tidaknya suatu perusahaan, maka gunakan ilmu itu untuk mencari keuntungan dalam menentukan di mana kita akan berinvestasi,” tutupnya.

Virtual Investment Gallery ini terbagi menjadi tiga ruangan, yang pertama ada receptionist, multimedia room, dan investment room seperti yang dijelaskan oleh Yoshua Adhi, Tim Digital Bisnis CGS CIMB Sekuritas Indonesia.(HS)

Share This

Baju Adat Jadi Simbol Menghormati Keberagaman

Temu Kangen dan Halal Bi Halal Alumni SMA Kaliwungu