Gibran-Teguh Pantau Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka ketika meninjau simulasi pembelajaran tatap muka, dalam kegiatan Mider Praja. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menargetkan sekolah-sekolah di wilayahnya sudah dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka, Juli 2021. Pembelajaran tetap muka dilaksanakan setelah semua guru dan siswa memperoleh vaksinasi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Gibran, ketika bersama wakilnya Teguh Prakosa, ketika untuk kali pertama setelah dilantik, melaksanakan kegiatan Mider Praja.

Mider Praja merupakan agenda rutin Pemerintah Kota Surakarta, yang melibatkan Kepala Daerah bersama Jajaran Perangkat Daerah setiap Jumat, untuk blusukan menggunakan sepeda.

Kegiatan ini selain sebagai sarana mendekatkan diri dengan masyarakat juga mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui olahraga bersepeda.

Dalam Mider Praja hari itu, Gibran beserta rombongan meninjau simulasi persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMP 4.

Dalam kunjungannya, Gibran juga meninjau persiapan terkait protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh, ketersediaan tempat untuk cuci tangan, fasilitas meja kursi, hingga mengecek komunikasi siswa melalui zoom meeting.

“Kita targetkan Juli sudah PTM. Kita targetkan siswa dan guru 100% vaksin sebelum tatap muka,” ujar Gibran.

Ketika tersambung dengan siswa-siswi dan wali murid SMP 4 melalui zoom meeting, Gibran menyampaikan bahwa dalam waktu dekat anak-anak dapat segera masuk sekolah secara bertahap.

Pada moment itu, siswa-siswi pun dapat berbincang dan bertegur sapa dengan Wali Kota Solo tersebut. Beberapa pun berceloteh meminta bantuan sepeda dan HP. Zoom meeting pun berlangsung hangat dan atraktif.

Gibran berpesan agar siswa-siswi dapat bersabar sambil menunggu kesiapan untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

“Kita berharap simulasi berjalan lancar. Jika lancar maka kita dapat segera bersekolah tatap muka, saya yakin anak-anak juga bosen kalau daring terus,” ucap Gibran.

Dia turut mewanti-wanti agar anak-anak untuk sementara waktu tetap belajar di rumah dan tidak pergi ke mall saat jam pelajaran online di masa pandemi.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan, Etty Retnowati menyatakan, Solo akan memulai simulasi PTM secara bertahap, sehingga Juli mendatang siswa-siswi di Solo dapat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka setelah hampir 1 tahun harus belajar secara daring karena Pandemi Covid-19.

Setelah berkunjung ke SMP 4, Gibran-Teguh pun menuju Puskemas Gilingan, untuk memantau pelaksanaan vaksinasi.

“Semoga bapak-ibu tetap sehat nggih setelah divaksin. Vaksin ini bukan hanya untuk imun diri sendiri, tapi juga untuk melindungi sekitar kita,” ucap Gibran.

Pemantauan vaksinasi telah menjadi agenda rutin Gibran-Teguh sejak dilantik. Hal ini diperkuat dengan tagline yang disampaikan saat sambutan pertama Walikota Surakarta yakni “Kebut Vaksinasi, Kebut Pemulihan Ekonomi”. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.