Gibran Klaim Hampir Semua Kelurahan & Sekolah di Solo Miliki Gamelan, Begini Faktanya

*Pilkada Solo

 

HALO SEMARANG – Pasangan calon di Pilwakot Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso dalam Debat Pilwalkot Surakarta Putaran Kedua, Kamis (3/12/2020) malam menyatakan jika setiap kecamatan dan sekolah di Kota Surakarta telah memiliki gamelan Slendro Pelog.

Hal ini disampaikan putra sulung presiden RI Joko Widodo menanggapi pertanyaan paslon nomor dua, Bagyo terkait strategi dalam menyikapi kerawanan dan intoleransi dalam kerukunan beragama.

“Yang namanya kerukunan beragama itu merupakan sesuatu yang tidak bisa dipaksakan, kerukunan beragama itu harus berakar dari diri kita sendiri. Kalau dipaksakan maka akan menjadi kerukunan yang semu, dan itu menjadi bom waktu. Makanya di awal segmen saya bilang, perlu pendekatan-pendekatan budaya. Sekarang, di hampir seluruh kelurahan mempunyai Gamelan Slendro Pelog. Kita ke depan ingin anak muda memainkan gamelan itu, biar mereka punya sense off belonging atau rasa memiliki, punya identitas yang berakar kuat, dan juga bangga dengan budaya yang ada di Kota Solo. Itu nanti yang akan memerangi kejelekan dan tindakan intoleransi di kota Solo,” ujar Gibran tegas.

Cek Fakta:
Berdasarkan diskusi tim Cek Fakta di Semarang, Pemerintah Kota Solo sejak 2014 lalu telah menjalankan program hibah gamelan Slendro Pelog ke beberapa kelurahan di Kota Solo.

Menurut Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dalam pernyataan beberapa waktu lalu, hibah gamelan Slendro Pelog ke setiap kelurahan diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarkat. Terutama untuk anak muda atau pun pelajar yang ingin belajar lebih banyak lagi mengenai gamelan ini.

Dia mengatakan nantinya bantuan seperangkat gamelan akan diserahkan kepada 54 kelurahan di Kota Solo.

Terhitung, sudah ada sekitar 26 kelurahan dari total 54 kelurahan yang ada di Solo telah memiliki gamelan tersebut. Bahkan, selain kelurahan di sekolah-sekolah yang memiliki kurikulun dan mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok) telah menerima hibah gamelan Slendro Pelog pula.

Dari data yang dihimpun, telah ada 12 sekolah di Kota Solo telah memiliki gamelan Pelog hibah dari Pemkot Solo. Di antaranya, SMPN 3 Surakarta, SMPN 4 Surakarta, SMPN 5 Surakarta, SMP 7 Surakarta, SMPN 10 Surakarta, SMPN 12 Surakarta, SMPN 25 Surakarta, SMPN 26 Surakarta, SD Mangkubumen Kidul, SD Mangkubumen Lor, dan SD Muhammadiyah 1 Surakarta.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.