Gibran dan Gus Yaqut Kawal Pembangunan Masjid Syeikh Zayed Grand Mosque di Surakarta

Foto : Surakarta.go.id

 

HALO SURAKARTA – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, memastikan akan megawal pembangunan The Surakarta Grand Mosque (Masjid Agung Surakarta) sampai selesai.

Replika Masjid Syeikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi ini, merupakan hadiah pemerintah Uni Emirat Arab kepada Indonesia, dibangun di Surakarta, dengan dana USD 40 juta di atas lahan seluas 2,9 hektare.

“Insyaallah tidak ada kendala. Semuanya lancar. Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Uni Emirat Arab berkoordinasi dengan baik, dan kita punya working group yang selalu bertemu sebulan sekali, untuk memastikan masjid ini berdiri dan juga Islamic Centre,” kata Gus Yaqut.

Desain Masjid Agung Surakarta ini, dikerjakan oleh PT Arkonin, sesuai dengan arahan dari pemerintah Uni Emirat Arab.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan PT Akronin dan utusan pemerintah Abu Dhabi, Gibran berharap pembangunan masjid tersebut dapat mempererat hubungan persahabatan Uni Emirat Arab dengan Indonesia, khususnya Kota Surakarta.

“Terima kasih atas kedatangan bapak-bapak dari Abu Dhabi dan PT Arkonin. Saya berharap masjid yang akan dibangun nanti  memperkuat hubungan yang selama ini terjalin dengan baik antara Indonesia dan Uni Emirat Arab,” kata Gibran.

Sementara itu, Nur, perwakilan dari PT Arkonin, mengatakan untuk persiapan sudah dilakukan dengan land clearing untuk peletakan batu pertama pembangunan masjid yang berkapasitas 10 ribu jamaah, Sabtu (6/3/).

“Masjid kami rancang agak serong dengan mengarah ke kiblat. Sebelah timur akan ada bulevar. Di sisi depan, kita buat air mancur dikombinasikan dengan pohon lokal Kota Solo. Lahan parkir di samping sehingga tidak mengganggu tampak depan,” jelasnya.

Masjid Agung di Kota Surakarta nantinya mampu menampung 10 ribu jemaah. Adapun Masjid di Abu Dhabi dapat menampung 40 ribu jemaah. Namun kubah utama tetap ada 3 seperti masjid aslinya.

Selain untuk tempat ibadah, masjid tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai wisata religi. Bentuk masjid yang indah juga dilengkapi penataan lighting yang sangat menawan dan material berkualitas di antaranya memakai kuningan dan tembaga berkualitas dari Jawa Tengah. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.