in

Gibran Berharap UMS Ikut Majukan Solo Raya

Foto : Surakarta.go.id

 

HALO SURAKARTA – Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka berharap Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dapat bersama-sama pemerintah, untuk memajukan Solo Raya.

Harapan tersebut disampaikan Gibran, ketika menghadiri Pelantikan Wakil Rektor UMS Masa Jabatan 2021-2025 di Auditorium UMS. Lokasi gedung tersebut, berada di Perbatasan Kartasura Sukoharjo dan Kota Surakarta. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Dalam sambutannya, Gibran mengharapkan lima Wakil Rektor UMS yang baru, mampu bersinergi dan memberikan kontribusi nyata dan solusi untuk memajukan Solo Raya, dengan memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan yang diimplementasikan dengan sains terapan pada kehidupan masyarakat.

“Mudah-mudahan pelantikan wakil rektor ini, membawa harapan baru ke arah kemajuan pendidikan tinggi, yang berberimplikasi pada kemajuan daerah di berbagai sektor,” kata Gibran, seperti dirilis Surakarta.go.id.

Sementara Bupati Sukoharjo, Etik Suryani berharap UMS segera koordinasi dan berkomunikasi,  untuk membangun komitmen baru membangun perguruan tinggi yang sehat, serta mewujudkan pendidikan tinggi berkualitas dengan mengabdikan ilmunya pada masyarakat.

“Selamat bekerja dengan ketulusan hati, untuk berkarya bagi Bangsa Indonesia,” katanya.

Pelantikan wakil rektor kali ini merupakan pelantikan kedua dengan formasi lima wakil rektor dengan masa jabatan 2021 – 2025.

Adapun lima wakil rektor yang dikantik adalah Prof Dr Harun Joko Prayitno MHum sebagai Wakil Rektor I (Bidang Akademik), Prof Dr Apt Muhamad Da’i M Si sebagai Wakil Rektor II (Bidang Keuangan dan Sistem Informasi), Ikhwan Susilo SE MSi PhD sebagai Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengkaderan), Prof Dr dr Em Sutrisna MKes sebagai Wakil Rektor IV (Bidang Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan Kerja Sama) dan Supriyono ST MT PhD. sebagai Wakil Rektor V (Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset).

Para wakil rektor tersebut menggantikan pejabat pada masa jabatan 2017-2021, yakni Dr Muhammad Da’i MSi Apt sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik, Ir Sarjito MT PhD sebagai Wakil Rektor bidang Keuangan dan Sistem Informasi, Taufik MSi PhD sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengkaderan, Dr Fattah Santosa MAg sebagai Wakil Rektor Bidang Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Kerja Sama, serta Drs Muhammad Musiyam MTP sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset.

Pelantikan dipimpin Rektor UMS Dr Sofyan Anif MSi dan disaksikan oleh Ketua Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof H Lincolin Arsyad MSc PhD.

Dalam sambutanya, Dr Sofyan Anif MSi menyampaikan kiat-kiat kinerja rektor dan wakil rektor untuk mencapai World Class Research University. Sesuai visi dan misi UMS untuk menciptakan universitas berskala internasional, perlu peningkatan kerja sama, manajemen, dan optimalisasi kinerja di UMS.

Dengan peningkatan kualitas SDM, diharapkan mampu memacu output yang berkualitas. Selain itu sistem informasi berbasis IT di lingkungan UMS, akan diintegrasikan secara tersentral, untuk meningkatkan layanan publik.

Senada dengan Rektor UMS, Ketua Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof H Lincolin Arsyad MSc, PhD, sangat mengapresiasi tujuan UMS, untuk mencapai World Class Research University, sehingga perlu SDM yang dipersiapkan secara matang. Selain itu disampaikan pula bahwa PTM harus memenuhi tiga karakter unggul, berdaya saing dan berkemajuan.

Sebagai penutup Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr KH Haedar Nashir MSi, memberikan wejangan bahwa kepemimpinan, haruslah seorang yang mampu menerjemahkan visi dan misi untuk direalisasikan.

Selanjutnya kerja sama rektor, wakil rektor beserta jajaran di bawahnya harus memiliki satu mimpi. Memberdayakan SDM dan memperluas jangkauannya. Sekaligus menghimpun aspirasi seluruh warga UMS dan menjadikanya sebagai langkah ke depannya.

Terakhir, UMS adalah media dakwah maka jadikanlah keunggulan dalam akhlak dan penelitian yang mampu menjadi kemaslahatan bagi umat dan persyarikatan. (HS-08)

Share This

Alun-Alun, Cafe dan Supermarket di Kebumen Dibatasi sampai Jam 21:00

Bupati Said Ajak ASN Tumbuhkan Rasa Cinta Zakat