in

Gibran Ajak Warga Surakarta Bangun Budaya Olahraga

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dalam peringatan Haornas 2021 di Stadion Manahan Solo. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, mengajak warganya untuk membangun budaya olahraga dan mewujudkannya sebagai bagian dari gaya hidup.

Ajakan tersebut disampaikan Gibran, ketika besama Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa, menghadiri peringatan Hari Olahraga Nasional ke-38 di Stadion Manahan, Kamis (9/9).

Dalam kesempatan itu, dia mengajak semua pihak, untuk mendukung pengembangan sport tourism, dalam membudayakan dari menjadikan olahraga sebagai tradisi.

“Pemerintah sedang menjadikan aktivitas olahraga sebagai rekreasi menguatkan kualitas event olahraga dan membangkitkan perekonomian di masa pandemi ini,” kata Gibran, seperti dirilis Surakarta.go.id.

Selain itu, Gibran juga berharap Kota Surakarta bisa menjadi kota yang melahirkan atlet-atlet yang bisa meraih prestasi di nasional.

“Walaupun kita kota kecil tapi venue olahraganya banyak jadi kita harus bisa melahirkan atlet-atlet dengan prestasi yang menasional,” kata Gibran.

Sementara itu, kemarin Wakil Walikota Teguh Prakosa beserta jajaran dan instansi terkait menyaksikan secara daring Puncak Peringatan Haornas, Kamis (9/9) di Ruang Nata Praja Balai Kota Surakarta.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, pada kesempatan peringatan Haornas yang ke-38 ini, mengatakan sejarah baru telah diukir. Pemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden No.86/2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional sebagai payung hukum baru bagi bidang keolahragaan di Indonesia.

“Regulasi tersebut sebagai sebagai penanda bahwa hari ini lahir harapan baru untuk prestasi olahraga Indonesia,” katanya.

Menurut Menpora, Indonesia harus mengubah pandangan terhadap cara mencapai prestasi olahraga. Karena untuk meraih prestasi harus melalui proses panjang yang matang.

Seluruh elemen dan pemangku kepentingan harus melakukan sinergitas dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah. “Kita sadar bahwa tidak ada prestasi yang dicapai secara instan. Dibutuhkan pembinaan jangka panjang yang terencana, terstruktur dan berkesinambungan,” kata Zainudin.

Dalam arahannya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menekankan perlunya membangun industri olahraga nasional, secara terintegrasi dari hulu hingga hilir.

Jokowi juga menyampaikan Selamat Hari Olahraga Nasional Ke 38 pada seluruh insan olahraga Indonesia, dan masyarakat Indonesia yang selalu mendukung kemajuan olahraga di Indonesia.

Apresiasi tinggi diberikan pada para atlet yang telah berjuang dan bekerja keras dan ketekunan dari para pelatih yang telah dan mampu mengasah talenta-talenta hebat sehingga mengharumkan nama bansa melalui prestasi-prestasi olahraga.

“Hari Olahraga Nasional tahun ini kita peringati diwarnai dengan prestasi yang membanggakan dalam ajang olimpiade dan paralimpiade Tokyo 2020. Capaian prestasi ini menginspirasi seluruh bangsa tidak hanya membuat bangga tapi memacu lahirnya prestasi olahraga yang lebih gemilang di masa yang akan datang,” ucap Jokowi.

Menurut Presiden, prestasi olahraga harus terus ditingkatkan karena prestasi tidak muncul begitu saja namun merupakan proses dan pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan.

“Kita harus fokus bekerja untuk mencetak talenta-talenta hebat sehingga bakal lahir semakin banyak lahir bibit unggul yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional yang berpotensi besar mendulang medali di kancah olimpiade dan paralimpiade,” tandas Jokowi. (HS-08)

Share This

Rayakan HUT Ke-44, PDAM Tirta Merapi Klaten Gelar Aksi Sosial

Kapolres Salatiga Wajibkan Anggotanya Laksanakan TKJ