in

Gerakan Penghijauan, BAF Eco Move Tanam Bibit Pohon di Semarang

BAF Eco Move saat melakukan penanaman bibit pohon di Semarang. (Dok/PT BAF)

 

HALO SEMARANG – Pencemaran udara akibat kendaraan bermotor di wilayah perkotaan di Indonesia sudah termasuk tinggi. Demi merestorasi lingkungan terutama yang sudah tercemar, PT Bussan Auto Finance (BAF) melakukan gerakan penghijauan BAF ECO Move dengan menambah 50.00 bibit pohon di beberapa kota besar, salah satunya di Semarang.

Isu lingkungan hidup sudah lama menjadi perhatian berbagai kalangan, terutama pencemaran udara yang disebabkan kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Data Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia (KLHK) bulan Juni 2021 mengungkapkan bahwa emisi kendaraan bermotor berkontribusi terhadap 70% pencemaran udara di wilayah perkotaan.

Permasalahan pencemaran udara ini tidak cukup jika hanya diatasi dengan pembatasan emisi kendaraan bermotor saja. Perlu dilakukan upaya restorasi lingkungan melalui gerakan penghijauan yang dapat mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor.

Hal tersebut melatarbelakangi PT BAF, sebagai perusahaan pembiayaan yang salah satunya memberikan pembiayaan kendaraan bermotor, melakukan gerakan penghijauan dalam payung campaign BAF ECO Move. Ini merupakan komitmen dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan. Program ini fokus pada penanaman lebih dari 50.000 bibit pohon di tahun 2021 yang dapat menyerap karbondioksida (C02) dan menyerap banyak air seperti pohon Trembesi, Tabebuya, Mahoni, Cemara Laut, Sukun, dan sejenisnya.

Penanaman bibit pohon akan dilakukan secara bertahap di enam kota besar di Indonesia, salah satunya di Semarang. BAF ECO Move bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang untuk penanaman bibit pohon di ibu kota Jawa Tengah itu.

Presiden Direktur BAF Lynn Ramli menuturkan penanaman pohon juga dilakukan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar. Di kota-kota tersebut, BAF bekerja sama dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar.

“Gerakan Penghijauan BAF ECO Move dilaksanakan dalam tiga tahap di tahun ini. Untuk tahap pertama, dilaksanakan di bulan Juni 2021. Untuk tahap berikutnya akan dilaksanakan di bulan September dan November,” kata Lynn.

Bibit pohon merupakan dukungan dari para BAFers yang memberikan donasi bibit pohon secara langsung, serta dukungan BAF Friends yang mengajukan dan mendapatkan fasilitas pembiayaan selama bulan Juni 2021. Sebagai bentuk apresiasi, BAF memberikan E-Green Certificate bagi BAFers (sebutan untuk karyawan BAF) maupun BAF Friends (sebutan untuk konsumen BAF) yang telah berpartisipasi di periode tersebut

Penyerahan bibit pohon tahap pertama ini dilakukan BAF kepada dinas-dinas terkait pada Rabu (7/7/2021). Sedangkan penanaman dilakukan di beberapa titik yang telah ditentukan oleh masing-masing Dinas Lingkungan Hidup/Dinas Pertamanan & Hutan Kota/Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau kota setempat. Pada tahap pertama ini BAF mendonasikan total 17.000 bibit pohon.

Menurut Lynn selain dukungan terhadap penghijauan lingkungan, Gerakan Penghijauan BAF ECO Move penerapan keuangan berkelanjutan sehingga berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs).

“BAF sebagai pelaku industri jasa keuangan turut memiliki andil memberikan dukungan dalam melakukan kegiatan bisnis yang mengedepankan keselarasan terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Kami juga mengajak BAFers dan BAF Friends untuk turut berpartisipasi menjadi bagian dalam program ini,” ujar dia.

Di samping BAF ECO Move, BAF juga tetap melanjutkan kegiatan BAF Lions Run untuk donasi penderita diabetes dan kegiataan CSR untuk edukasi anak-anak bertajuk “BAF Caring for Children”. Kegiatan-kegiatan ini akan diselenggarakan pada bulan Agustus dan September mendatang.(HS)

Share This

Ribuan Data Pedagang Johar Tidak Valid

Ganjar Komunikasi dengan Apindo Tegakkan Aturan WFH Perusahaan