in

Gerai UMKM dan Pusat Oleh-Oleh Patean Kendal Diresmikan

Acara peresmian gerai UMKM dan pusat oleh-oleh Kecamatan Patean, di jalan Patean-Parakan, Jumat (4/2/2022).

HALO KENDAL – Dalam rangka pengembangan usaha bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal, kini di Kecamatan Patean Kabupaten Kendal, telah dibuka Gerai UMKM dan Pusat Oleh-oleh.

Hadir dalam acara peresmian tersebut, Camat Patean, Adi Muktiyanto, Kapolsek Patean AKP Budijanton, Danramil 08/Patean diwakili Babinsa Serma Charirin, Pembina UMKM Kendal, Yunan, Ketua UMKM Kecamatan Patean, Pujiono, serta para pelaku usaha UMKM Kecamatan Patean.

Dalam sambutannya Camat Patean Adi Muktianto menyampaikan selamat atas dibukanya gerai UMKM. Harapannya dengan dibukanya gerai ini, bisa membangkitkan pelaku UMKM di wilayah Patean.

Dirinya berharap, dengan pembukaan gerai UMKM dan pusat oleh-oleh ini, sebagai salah satu upaya mewujudkan percepatan ekonomi masyarakat dan daerah dengan cara mengembangkan UMKM.

“Selamat untuk UMKM, yang sudah membuka gerai UMKM ini. Sebagai tempat untuk mendukung dan membuka kesempatan promosi bagi para pelaku UMKM. Sehingga bisa terjalin koordinasi, yang nantinya promosi bisa melalui media sosial dan jaringan-jaringan yang ada,” ujarnya.

Adi juga mengungkapkan, saat ini para pelaku UMKM sudah diberikan ruang yang luas dan terbuka sehingga bisa terus memasarkan produk-produknya.

“Jadi produk oleh-oleh kita seperti makanan, minuman atau kerajinan bisa mendekati orang banyak. Tentu ini merupakan pemasaran yang tepat,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut juga dipamerkan beberapa produk unggulan UMKM di Kecamatan Patean, seperti aneka kue, produk mie instan, pangsit, keripik pisang, aneka peyek juga usaha lain termasuk sablon dan packaging.

Sementara itu, Pembina UMKM Kabupaten Kendal, Yunan mengatakan dengan adanya gerai ini, diharapkan dapat dimaksimalkan oleh pelaku usaha untuk menampilkan produk olahan khas Patean.

Selain itu, dirinya berharap gerai ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kembali ekonomi pelaku UMKM yang selama ini tertahan akibat wabah pandemi.

“Pelaku UMKM di Patean harus semakin termotivasi untuk membuat produk yang lebih kreatif dan memiliki nilai histori produk, dari cara pembuatan, kenapa itu di buat dan apa bahan bakunya,” kata Yunan. (HS-06).

Bertemu dengan PT KAI, Bupati Blora Ajak Optimalkan Aset

Dikunjungi Bupati Blora, Kades Cungkup Minta Pembangunan Jalan Dilanjutkan