in

Genpi dan Unisbank Siap Kembangkan Destinasi Pasar Digital

Para peserta pembekalan kewirausahaan berbasis pariwisata foto bersama di Gedung D.62 Kampus Unisbank Kendeng, Semarang.

 

HALO SEMARANG – Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang bekerja sama dengan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Jateng menggelar pembekalan kewirausahaan berbasis pariwisata di Gedung D.62 Kampus Unisbank Kendeng, Semarang belum lama ini.

Pembekalan dilakukan kepada 100 mahasiswa dari enam fakultas, dengan menghadirkan narasumber pengelola Pasar Karetan, Diah Ariani dan perwakilan Genpi Jateng, Vega Viditama. Para peserta ini diajarkan tentang pemahaman pengembangan pasar digital, yang memadupadankan konsep digital dan nuansa tradisional khas daerah setempat.

Wakil Rektor IV Unisbank, Dr Elen Puspitasari, MSi saat membuka acara mengatakan, destinasi pasar digital merupakan salah satu ide kreatif yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain unik dan menarik, seperti halnya Pasar Karetan di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, ternyata mampu mengangkat nilai-nilai kearifan lokal masyarakat.

“Pasar tradisional harus dimodifikasi dengan tidak menghilangkan esensi tradisionalnya. Namun dikonsep dengan unik dan menarik. Hal inilah yang tidak mudah ditemukan lagi. Diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman untuk turut serta mengambangkan destinasi wisata digital,” harapnya.

Hal senda disampaikan oleh pengelola Pasar Karetan, Boja, Kabupaten Kendal, Diah Ariani. Menurutnya pengunjung Pasar Karetan akan disuguhkan dengan permainan atau game yang menarik, spot foto menarik, hingga cara pembelian yang tidak menggunakan uang layaknya pasar umum. “Pembayaran di Pasar Karetan dengan alat pembayaran berupa girik. Inilah yang mengesankan dan menarik lebih banyak pengunjung untuk datang ke sana,” ucapnya.

Para pengunjung dapat memanfaatkan uang elektronik untuk membeli aneka jajanan di sana. Transaksi juga dapat dilakukan melalui T-Cash dan Aplikasi YAP! (Your All Payment).

Pada penghujung pembekalan, Vega Viditama mengajak partisipasi mahasiswa untuk terlibat dan mengembangkan destinasi pasar digital ini. Lebih jauh dari itu, banyak mahasiswa yang meresponnya dengan mengdeklarasikan diri Genpi Unisbank. Mereka juga siap mengembangkan destinasi pasar digital di tempat-tempat baru.

“Mudah-mudahan ke depan akan muncul ide-ide kreatif untuk meningkatkan pariwisata kita,” harapnya.(HS)

Mahasiswa USM Diajak Belajar Dakwah Inovatif

Wali Kota Semarang Ajak Petani di Lahan Sempit Lebih Kreatif