in

Gempa Swarm ke-41 Kembali Guncang Ambarawa

Ilustrasi seismograf gempa bumi, dok: pixabay.com

 

HALO SEMARANG – BMKG mendeteksi setidaknya telah terjadi dua kali gempa dengan magnitudo M2,6 mengguncang wilayah Ambarawa, Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (4/11/2021) sekitar pukul 05.00 WIB pagi. Episenter Gempa terletak pada koordinat 7.28 LS dan 110.36 BT tepatnya di darat pada jarak 2 km arah Barat Laut Ambarawa – Jawa Tengah dengan kedalaman 1 km dirasakan oleh warga.

Hasil analisis BMKG, jenis dan mekanisme gempa dengan memperhatikan magnitudo, lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan bagian dari rangkaian aktivitas gempa swarm yang ke-41 yang terjadi di Ambarawa dan sekitarnya. Adapun dampak guncangan gempa swarm ini dirasakan di Ambarawa dalam skala intensitas II MMI atau Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali masuk kedalam rumah,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarmegara Setyoajie Prayoedhie, dalam rilisnya, Kamis (4/11/2021).(HS)

Share This

Nasib Apes Persik Kendal, Kalah 0-1, Dua Pemain dan Pelatih Kena Kartu Merah

Lantik Pejabat BUMD, Bupati Boyolali Minta Segera Menyesuaikan Diri