Gempa Malang Juga Dirasakan Warga Di Beberapa Daerah di Jateng

Foto ilustrasi gempa.

 

HALO SEMARANG – Guncangan gempa bumi Malang yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) siang, ternyata juga dirasakan warga di beberapa daerah. Warga di sejumlah wilayah seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, hingga Bali, dan Lombok juga merasakan dampak bencana ini.

“Sempat terasa tapi tidak keras. Seperti naik perahu,” kata Saputro, warga Banyumanik, Semarang.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi Malang berkekuatan M 6,7 dan memiliki magnitudo terkoreksi, Mw 6,1.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi, dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan, episenter gempa bumi ini berada di koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT.

Tepatnya pusat gempa bumi ada di laut pada jarak 96 km ke arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km.

“Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hipsenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi,” kata Bambang.

Berdasarkan data BMKG, guncangan gempa bumi akibat aktivitas lempeng subduksi ini, selain dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa Timur, juga dirasakan di Yogyakarta, Madiun, Ponorogo, Denpasar, Kuta, Jimbaran, hingga Mataram dan Lombok Barat.

Intensitas guncangan di wilayah ini, mencapai III MMI, yang terasa seolah-olah seperti getaran saat truk berlalu.

Informasi yang didapat, ada beberapa korban meninggal dunia di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Sementara informasinya, gempa ini juga membuat kerusakan di fasilitas publik maupun permukiman warga di Blitar.

BPBD Kabupaten Blitar mencatat, ada 11 korban mengalami luka akibat tertimpa atap rumah yang ambrol.

Kepala BPBD Blitar Achmad Cholik mengatakan, 11 warga yang terluka itu merupakan warga dari sembilan kecamatan.

“Lukanya ada yang ringan jadi dirawat di puskesmas setempat. Kalau yang agak berat dirujuk ke rumah sakit tadi karena perlu dijahit lukanya. Tapi semua sudah pulang sekarang,” katanya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.