in

Gempa M 6,2 Guncang Blitar

Sumber : BMKG.go.id

 

HALO SEMARANG – Sebuah gempa dengan kekuatan magnitudo  6,3, sekitar pukul 19:00 tadi mengguncang wilayah Blitar. Gempa dengan kedalaman 110 Kilometer tersebut, berpusat di laut, 57 kilometer sebelah tenggara Blitar. Walaupun tidak berpotensi tsunami, BMKG mengingatkan adanya potensi gempa susulan.

Juga belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa tersebut. Namun demikian,  seperti dirilis BMKG.go.id, gempa dirasakan sangat kuat di Blitar dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) hingga V.

Getaran juga dirasakan kuat dengan skala IV MMI di Karangkates, Sawahan, Nganjuk, Lumajang, Tulungagung dan Malang.

Wilayah lain yang merasakan gempa cukup kuat dengan skala III MMI, adalah Banyuwangi, Pasuruan, Ponorogo, Mataram, Trenggalek, Pacitan, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Kuta, Denpasar, Gianyar, Lombok Barat, Ngawi, dan Tabanan.

Getaram yang lebih ringan, yaitu dengan skala II MMI, dirasakan di Magelang, Cilacap, Pasuruan, Wonogiri, Klaten, Lombok Tengah, Surabaya, Purworejo, dan Karangasem.

Skala Mercalli adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia, yang bernama Giuseppe Mercalli pada 1902.

Skala Mercalli terbagi menjadi 12 pecahan, berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dari gempa tersebut dan juga dengan melihat serta membandingkan tingkat kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Untuk Skala I MMI, gempa hampir tidak dirasakan. Semakin besar angkanya, berarti gempa juga semakin kuat dirasakan dan kemungkinan juga semakin merusak.

Oleh karena itu skala Mercalli adalah sangat subjektif dan kurang tepat dibanding dengan perhitungan magnitudo gempa yang lain. Saat ini penggunaan Skala Richter lebih luas, digunakan untuk untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Tetapi skala Mercalli yang dimodifikasi, pada tahun 1931 oleh ahli seismologi Harry Wood dan Frank Neumann masih sering digunakan terutama apabila tidak terdapat peralatan seismometer yang dapat mengukur kekuatan gempa bumi di tempat kejadian. (HS-08)

Share This

Kembali Latihan, Begini Perasaan Pemain Senior PSIS

Dewan Imbau Masyarakat Bijak Menyikapi Konflik Israel dan Palestina