in

Gempa di Gunungkidul Juga Dirasakan Warga Klaten

Foto ilustrasi gempa.

 

HALO YOGYAKARTA – Gempa berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (28/6/2021) pukul 05.15 WIB. Gempa yang dirasakan cukup kencang itu menyebabkan kerusakan sejumlah bangunan meski tidak parah. Saking kencangnya, gempa juga dirasakan sampai daerah sekitar, termasuk Kota Klaten, Jawa Tengah.

Gempa berpusat di 55 km barat daya Gunungkidul dengan amplitudo 5,1 SR di kedalaman 48 kilometer. Hanya gempa itu tidak berpotensi tsunami. Meski demikian guncangannya menimbulkan dampak yang tidak signifikan.

Menurut Daryono dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui aku Twitter gempa tampaknya berpusat di lempeng (intraslab) pada kedalaman menengah. BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dengan gempa susulan yang mungkin akan terjadi.

“Gempa tersebut mirip dengan gempa selatan Malang yang terjadi pada 10 April dan 21 Mei 2021,” demikian keterangan dari Daryono, Earthquake and Tsunami Mitigation BMKG.

Sementara, Kepala BPPTKG Hanik Humaida menjelaskan gempa juga dirasakan masyarakat di seputar Merapi. Namun begitu, hingga saat ini tak dilaporkan adanya pengaruh terhadap aktivitas erupsi Merapi.

“Gempa tektonik dirasakan seluruh pos pengamatan Gnung Merapi. Namun, pasca kejadian gempa, belum ada kejadian signifikan pada aktivitas Merapi,” ujar Hanik melalui keterangan tertulis.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada namun tidak panik,” kata dia melanjutkan.

Sejumlah netizen ramai melaporkan guncangan gempa yang juga dirasakan di daerah mereka pada unggahan BMKG. Apalagi, kekuatan gempa tidak jauh berbeda dengan gempa pada 2006 yang mengguncang DIY dan sekitarnya yang menyebabkan kerusakan parah. Kebetulan lagi kejadian gempa nyaris sama dengan bencana 15 tahun lalu dan terjadi di pagi pagi hari.

“Saya sampai terbangun karena merasakan getaran yang cukup kuat pada dinding rumah. Saya langsung keluar kamar sebagai antisipasi,” kata Kartika Dewi, warga Klaten yang menjadi korban gempa 2006 di daerah Wedi.(HS)

Share This

Satpol PP Semarang Bongkar 24 PKL Liar Di Simongan

Pergoki Istrinya Bersama Pria Lain Di Hotel, Begini Reaksi Pria Ini