in

Gempa di Batang, Sekda Pastikan Lakukan Penanganan Korban Luka-Luka

Sekda Jateng, Sumarno di Kota Semarang, Senin (8/7/2024).

HALO SEMARANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah, Sumarno memastikan pihaknya melakukan penanganan korban luka-luka akibat gempa dengan magnitudo 4,6 di Kabupaten Batang.

Sejauh ini, Sumarno menyebut tak ada korban jiwa dalam persitiwa itu. Masyarakat yang terluka imbas dari gempa kini sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

“Sampai saat ini informasi baru luka-luka saja, ada beberapa di rumah sakit dan luka ringan masih dirawat rumah sakit,” ujarnya, Senin (8/7/2024).

Saat ini penanganan yang dilakukan yakni memetakan kerusakan yang terjadi akibat gempa. Pemprov Jateng memastikan juga akan membantu dalam perbaikan kerusakan.

“Lagi assesment masalah kerusakan dan sebagainya, tentu juga upaya tindaklanjut kita terhadap kerusakan seperti apa, nanti kalau masih bisa ditangani oleh Pemkab Batang, kalau tidak bisa mereka akan kita support,” bebernya.

Pihak Dinas Sosial juga sudah siaga di lokasi untuk membantu kebutuhan para warga yang mengungsi. Ia memastikan penanganan korban gempa di Batang dilakukan masif.

“Teman-teman dari Dinsos juga sudah membuat dapur umum disana kita. Kalau jumlah pengungsi saya belum dapat secara pasti, tapi kita ada teman-teman, sudah standby BPBD dan Dinsos,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Jawa Tengah, Bergas C memastikan tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun ada 12 orang yang mengalami luka-luka.

“Tapi yang perlu observasi tinggal satu sisanya 11 ini sudah bisa kembali artinya sudah ditangani rumah sakit,” tuturnya.

Kemudian untuk kerusakan bangunan, memang ada fasilitas-fasilitas umum sampai rumah dengan tingkatan kerusakan bervariatif. Lokasi yang terdampak gempa ada tiga wilayah yakni Batang, Wonotunggal dan Karangasem.

“Kerusakan bangunan ada beberapa fasum (fasilitas umum) termasuk ada rumah rusak sekitar lima sampai enam unit, sisanya sedang sampai ringan itu ada 50 bangunan (rusak terdampak gempa),” imbuhnya. (HS-06)

Pascagempa M 4,4, Pj Bupati Batang Tetapkan Tanggap Darurat

Berprestasi, 18 Polisi di Pekalongan Dapat Penghargaan dari Kapolres