in

Gempa Bumi Tektonik Berkekuatan 4,8 Magnitudo Guncang Pacitan

Foto ilustrasi gempa.

 

HALO SEMARANG – Kejadian gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Rabu (13/10/2021) sekitar pukul 12.00 WIB.

Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan, gempa bumi ini memiliki magnitudo  M=4.8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km arah Baratdaya Pacitan – Jawa Timur, pada kedalaman 55 kilometer.

Kepala Stageof Sleman, Ihksan mengatakan, untuk jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, Selatan Jawa.

“Sehingga guncangan berdampak dan dirasakan saat berada dalam rumah di Pacitan, Wonogori, Trenggalek dan Gunung Kidul. Bahkan, getaran cukup kuat dirasakan seakan-akan seperti ada truk melintas, yakni di Bantul dan Yogyakarta. Sehingga menyebabkan beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” terangnya, dalam rilisnya, Rabu (13/10/2021).

Adanya gempabumi ini, diimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah,” pungkasnya.(HS)

 

Share This

Di Grobogan Bayar Pajak Kendaraan Bisa Ngutang, Dicicil Tiga Bulan

Hadiri AYIC 2021, Menag : Pemuda Jadi Tumpuan Perdamaian Dunia