Geliatkan Ekonomi, Pemuda Desa Margosari Kendal Dilatih Racik Kopi

Pemuda Desa Margosari, saat dilatih mempraktekkan cara meracik kopi, Sabtu (7/11/2020).

 

HALO KENDAL – Puluhan pemuda Desa Margosari, Kecamatan Patebon mengikuti pelatihan meracik kopi yang kembali digelar oleh Mochammad Herviano Foundation, Sabtu (7/11/2020).

Lucky Chairul Umam dari tim barista MHF mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada pemuda desa, agar bisa menjadi barista milenial.

“Sebagai upaya menggeliatkan kembali kreativitas dan ekonomi pemuda di tengah pandemi Covid-19. Harapan kami dengan pelatihan ini pemuda bisa mengembangkan usahanya sendiri, agar perekonomian tetap berputar,” terangnya.

Pelatihan yang digelar di salah satu kafe rumahan milik warga Desa Margosari tersebut, memang dikhususkan untuk para pemuda atau kaum milenial. Di mana mereka akan diberikan pelatihan dan bekal alat untuk bisa membuka kedai kopi atau kafe sendiri.

“Banyak dari mereka yang kehilangan pekerjaan karena terkena PHK, atau belum adanya lowongan pekerjaan untuk mereka, akibat imbas pandemi Covid-19. Maka kami beri pelatihan agar bisa mandiri,” ujar Lucky.

Dikatakan, sampai saat ini, sudah ada sekitar 100 pemuda yang dilatih menjadi barista oleh Tim Barista MHF. Targetnya tahun ini ada 140 pemuda di Kendal yang akan dilatih menjadi barista.

Kegiatan ini, lanjut Lucky, juga bertujuan untuk melatih pengetahuan tentang mengenal karakter biji kopi yang baik. Mulai dari proses memilih biji kopi, kemudian menyajikan dan menikmatinya.

“Selain itu kami juga berikan pengetahuan tentang pemberdayaan kopi dari hulu sampai hilir, terutama pemberdayaan kopi-kopi lokal. Tujuannya agar kopi Indonesia bisa mengimbangi persaingan bisnis kopi internasional baik arabika, robusta, dan liberika,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.