in

Gelar Undian Pajak Berhadiah, Pendapatan Pemkab Batang Naik Rp 9 Miliar

Pengundian Gebyar Pajak Tahun 2022 di aula kantor Bupati, Rabu (30/3/2022). (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Batang meningkat drastis pada tahun 2022 dibanding tahun sebelumnya. Peningkatan pajak mencapai Rp 9 miliar lebih.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Batang, Sri Purwaningsih menyebut pada triwulan pertama 2021, pendapatan mencapai Rp 13 miliar, dan tahun ini mencapai lebih dari Rp 22 miliar.

“Hal ini menjadi bukti bahwa Gebyar Sadar Pajak 2022 mampu mendongkrak pendapatan sektor pajak,” katanya, setelah Pengundian Gebyar Pajak Tahun 2022 di aula kantor Bupati, Rabu (30/3/2022), seperti dirilis Batangkab.go.id.

Sri Purwaningsih menjelaskan, pada tahun ini pihaknya menggelar Gebyar Pajak dengan hadiah sepeda motor dan beberapa doorprize lain. Warga yang berhak ikut adalah yang sudah membayar  Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan penikmat kuliner di restoran bertapping box.

“Peserta gebyar sadar pajak dari pembayaran PBB ada sebanyak 53 ribu peserta. Sedangkan pajak restoran ada 500 peserta.

Sementara, Bupati Batang Wihaji mengatakan, memang perlu diadakan undian, agar membuat terobosan untuk menarik minat masyarakat. Penyaluran pajak tidak hanya untuk pelayanan publik tapi juga personal.

Ia mencontohkan para pembayar pajak personal adalah para penikmat kuliner di restauran bertapping box. Bisa jadi para peserta undian berhadiah adalah warga Sumatra yang makan di Kabupaten Batang.

“Saya minta Kepala BPKPAD untuk membuat terobosan agar manfaat membayar pajak bisa dirasakan secara personal, dan hadiah dari gebyar sadar pajak inilah jawabannya,” ujar dia.

Ia menambahkan saat ini PAD Kabupaten Batang masih sangat kecil. PAD hanya di angka sekitar Rp 300 miliar. (HS-08)

Berpenduduk Beragam Agama dan Etnis, Permukiman di Batang Ini Jadi Kampung Pancasila

Undian Gebyar Sadar Pajak, Pemkab Batang Sediakan 4 Unit Motor