in

Gelar Operasi Patuh Candi  2021, Satlantas Polres Blora Arahkan Pengendara Ikuti Vaksinasi

Sejumlah personel Polres Blora, melayani warga yang akan menjalani vaksinasi, dalam Operasi Patuh Candi 2021 di kawasan Simpang Empat Pasar Jepon. (Humas.polri.go.id)

 

HALO BLORA – Pada masa sebelum pandemi Covid-19, Operasi Patuh yang digelar Polri umumnya dilakukan untuk merazia para pelanggar peraturan berlalu lintas.

Di lokasi-lokasi tertentu, petugas mencegat pengemudi beragam kendaraan, untuk memeriksa dokumen kelengkapan, seperti surat izin mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Para pelanggar pun harus rela menerima surat tilang dan membayar denda seusai sidang di pengadilan.

Namun pemandangan semacam tak nampak pada Operasi Patuh Candi  2021, yang digelar  Polres Blora, Kamis, (30/09) di Simpang Empat Pasar Jepon. Kepada pengendara yang melintas, polisi mengarahkan mereka untuk menjalani vaksinasi di tempat yang sudah disiapkan.

Dalam kegiatan simpatik yang dipimpin Kasat Lantas Polres Blora AKP Edi Sukamto SH MH tersebut, juga dirangkaikan dengan sosialisasi protokol kesehatan, pemberian masker secara gratis, dan pembagian bantuan sosial berupa sembako.

Kasat Lantas AKP Edi Sukamto mengatakan bahwa “razia vaksin” seperti ini  merupakan salah satu cara untuk mendukung percepatan vaksinasi, dalam rangka mewujudkan herd immunity untuk menekan Covid-19.

Adapun teknis pelaksanaannya, petugas melakukan razia di Pasar Jepon Blora. Jika ditemukan warga yang belum vaksin, maka akan diajak untuk menjalani vaksinasi di SDN 1 Turirejo kecamatan Jepon, tak jauh dari lokasi razia.

“Kami melaksanakan kegiatan razia vaksin, untuk memeriksa para pengemudi kendaraan bermotor, yang belum melaksanakan vaksin,” kata AKP Edi Sukamto.

Dalam razia itu, petugas menemukan sedikitnya 25 pengendara yang belum vaksin. Mereka langsung diarahkan untuk mengikuti vaksinasi.

Dalam kegiatan tersebut, Satgas Operasi Patuh Candi 2021 Polres Blora, juga melakukan kegiatan pembagian masker dengan jumlah 300 masker, yang diberikan kepada pengendara atau masyarakat di kawasan Pasar Jepon yang tidak menggunakan masker.

“Sekaligus kami sosialisasikan aplikasi PeduliLindungi, dan masyarakat sangat antusias mengikuti vaksinasi,” kata dia. (HS-08)

Share This

Makan di Warung Sak Sake, Bisa Bayar dengan Barang Bekas

Dukung Pelaksanaan PON XX, Kapolri Akan Gencarkan Vaksinasi di Papua