in

Gelar Kongres Di Tengah Pandemi, Asprov PSSI Jateng Dinilai Terlalu Berani

Dokter Elang Sumambar, Ketua IDI Cabang Kota Semarang.

 

HALO SEMARANG – Tindakan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jateng dinilai terlalu berani dan gegabah karena tetap menggelar Kongres Tahunan di UTC Hall Semarang pada Sabtu (19/6/2021) tanpa menggunakan surat izin dari Satgas Covid-19 Kota Semarang.

‘’Apa yang mereka lakukan itu jelas-jelas melanggar Peraturan Wali Kota (Perwal) Semarang. Asprov menyelenggaran acara yang diikuti lebih dari 50 orang, dan tanpa izin tertulis dari Satgas Covid-19 Kota Semarang,’’ ujar Dokter Elang Sumambar, pengamat sepak bola yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Semarang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kongres Tahunan PSSI Jateng disinyalir telah melanggar Perwal Nomor 443/523 Tahun 2021. Kegiatan itu diikuti lebih dari 65 orang.

Sesuai Perwal Nomor 443/523 Tahun 2021, untuk sebuah kegiatan maksimal hanya boleh diikuti 50 orang. Panitia Kongres Tahunan cuma berbekal rekomendasi yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kota Semarang dan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jateng.

Pada acara itu, tercatat tiga orang dinyatakan positif Covid-19 selepas dites antigen. Mereka yang positif disuruh pulang, tapi kegiatan terus dilanjutkan hingga selesai.

‘’Seharusnya panitia mengambil sikap untuk membatalkan acara karena ada yang positif Covid-19. Tindakan membatalkan ini perlu diambil lantaran penyebaran Covid-19 di Kota Semarang sedang tinggi,’’ ungkap Elang.

Dia mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Tanpa kerja sama semua pihak, pandemi ini akan sulit diminimalisasi.

“Kita orang olahraga harus memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Jangan coba-coba berbuat tidak jujur khususnya dalam menggelar kegiatan yang menghadirkan lebih dari 50 oarang,’’ paparnya.(HS)

Share This

Kapok Lakukan Selebrasi Konyol

Pegiat Sungai di Klaten, Arif Fuad Hidayat Tutup Usia