in

Gelar Goes to School, Hipmi Ingin Cetak Pengusaha dan Pemimpin Muda di Kendal

Acara Goes to School yang diselenggarakan Hipmi Kendal di SMP Negeri 4 Cepiring, Sabtu (19/3/2022).

HALO KENDAL – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Kendal, mengadakan acara Hipmi Goes to School yang digelar di SMP Negeri 4 Cepiring, Sabtu (19/3/2022).

Acara diikuti para siswa, dengan nara sumber Pengurus Hipmi Kendal, Daulah Haque, yang memberikan materi motivasi leadership dan entrepreneurship.

Kegiatan diikuti 30 pelajar SMP Negeri 4 Cepiring, yang bertujuan untuk memberikan motivasi dan pembekalan kepada para siswa, supaya berani menjadi entrepreneur. Sekaligus mendidik mental dan karakternya.

Daulah mengatakan, saat ini jumlah wirausaha muda di Indonesia hanya sekitar tiga persen dari jumlah penduduk. Padahal menurutnya, untuk menjadi negara maju setidaknya dibutuhkan 12-14 persen pengusaha muda.

“Sehingga Hipmi ke depan akan terus menularkan virus kewirausahaan kepada generasi muda melalui program Hipmi Goes to School, Goes to Campus dan Goes to Pesantren,” ujar Daulah.

Dengan mengusung tema leadership dan entrepreneur ini, dirinya berharap para siswa nantinya tidak menjadi generasi muda yang loyo. Sekalipun di tengah pendemi, namun harus menjadi generasi yang handal dan tangguh.

Para siswa juga langsung praktik berjualan di halaman sekolah yang ditawarkan kepada temanya sendiri maupun guru.

“Sehingga setelah mendapatkan ilmu berupa teori siswa langsung praktik jualan,” imbuh Daulah.

Sebagai penutup dirinya berpesan kepada para peserta, nantinya para siswa harus berani tampil untuk berwirausaha. Sebab saat pandemi seperti ini berwirausaha tidak harus punya tempat atau modal besar.

“Karena di era digital para siswa sudah bisa berjualan melalui online. Semua diawali dengan jualan yang mudah dan murah terlebih dahulu sehingga tak perlu modal banyak,” pesan Daulah.

Salah satu siswa yang mengikuti kegiatan Hipmi Goes to School, Azis mengaku senang, dirinya bisa mendapatkan ilmu tentang kepemimpinan dan cara berwirausaha.

“Saya senang bisa tambah ilmu dan tambah wawasan untuk mengasah jiwa enterpreneur dan dipraktikkan langsung,” ungkapnya.

Kepala SMP Negeri 4 Cepiring, Sutrisno sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar Hipmi Kendal melalui Goes to School ini.

Menurutnya, ini bisa memberikan motivasi sekaligus mencetak mental dan karakter siswa-siswi SMP Negeri 4 Cepiring. Bahkan ke depan, pihaknya juga akan bekerja sama dengan Hipmi untuk mendampingi para siswa dalam hal berwirausaha.

“Sehingga produk para siswa bisa terjual melalui pengusaha muda Kabupaten Kendal,” ungkap Sutrisno.

Bahkan hari ini para siswa setelah mengikuti motivasi dari Hipmi dan bisa langsung praktik di kegiatan market day yang diselenggarakan SMP Negeri 4 Cepiring.

“Sebagai sekolah penggerak ada acara market day yang mana para siswa diajarkan untuk berlatih membuat suatu produk dan dijual pada temanya sendiri,” imbuhnya.(HS)

Rumah Mirip “Kandang Kambing” Jadi Layak Huni Berkat Bantuan Ganjar

Satukan Visi Pembinaan Atlet, FTI Jateng Selenggarakan Rakerprov