in

Gelar Festacap 2021, Mahasiswa Cilacap Perkenalkan Seni Budaya dan Sejarah Cilacap

Pameran foto-foto, kartu pos, dan peta Cilacap, dalam Festacap 2021 di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap. (Foto : Cilacapkab.go.id)

 

HALO CILACAP – Sekumpulan mahasiswa Cilacap yang peduli dan tertarik akan kebudayaan kampung halamannya, menggelar Festival Kesenian dan Kebudayaan Cilacap (Festacap) 2021, untuk mengajak masyarakat mengenal lebih jauh tentang seni, budaya, hingga sejarah wilayah itu,

Dalam event bertema “Mantuk Bhumi Cilacap” itu, penyelenggara memamerkan arsip masa lalu, seperti buku, majalah, peta, foto-foto, kartu-kartu pos yang digunakan pada tahun 1930-an.

Ketua Pelaksana Festacap 2021, Angga Dwi Prasetiyo, menuturkan kegiatan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap ini, melanjutkan kesuksesan Festacap tahun-tahun sebelumnya. Adapun tujuannya adalah mengenalkan lebih mendalam mengenai seni, budaya, hingga sejarah.

“Pameran ini menjadi salah satu inti dari Festacap 2021. Tema yang diusung tahun ini, memperkenalkan kembali, dan kembali ke masa lalu Kabupaten Cilacap. Kami menjunjung tinggi sejarah Tjilatjap.” kata Angga Dwi Prasetiyo, seperti dirilis Cilacapkab.go.id.

Walaupun Festacap 2021 sarat dengan kegiatan seni dan budaya, penyelenggara juga memasukkan pengembangan ekonomi. Dengan demikian kegiatan ini juga memberikan nilai tambah untuk masyarakat, terutama di masa pandemi saat ini.

Dia mengatakan, Festacap ini sebenarnya sudah dibuka sejak 15 Juli 2021 lalu. “Festacap 2021 sudah mulai digelar sejak Juli lalu, tanggal 17 September hingga 19 September nanti, adalah acara intinya. Selain pameran, pada acara inti 19 September nanti, teman-teman asal Patimuan, akan menggelar performing art. Acara inti masih kami gelar sama seperti tahun lalu, yakni secara virtual melalui Youtube.” imbuh Angga.

Khusus untuk pameran, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, hanya bisa dikunjungi oleh tamu-tamu undangan. Jumlah pengunjung di dalam ruangan pameran pun dibatasi maksimal 30 orang.

“Hal ini dilakukan agar lebih mudah mengatur pengunjung dan menjalankan prokes yang ketat,” katanya.

Angga menambahkan, bagi warga Cilacap yang ingin menyaksikan pameran, bisa mengikuti secara virtual pada Minggu (19/9), melalui kanal Youtube Festival Kesenian dan Kebudayan Cilacap. Nanti juga akan ditampilkan video pameran di sini dari sudut pandang para pengunjung yang hadir secara offline,” kata dia. (HS-08)

Share This

Bangun Kampung Semanggi Harmoni, Pemkot Solo Terima Cat dari PT Propan

Perlu Kontribusi Seluruh Stakeholder untuk Kembangkan Budidaya Vaname di Cilacap