in

Gelar Buka Puasa Bersama, Ini Harapan Kapolres Kendal

HALO KENDAL – Polres Kendal menggelar buka puasa Ramadan 1445 Hijriah bersama, dengan mengundang jajaran Forkopimda Kendal, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, LSM, Ormas dan awak media, di salah satu hotel di Kota Kendal, Selasa (2/4/2024).

Kapolres Kendal, AKBP Feria Kurniawan dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan buka bersama digelar dalam rangka mempererat silaturahmi antara Polres Kendal dengan stakeholder dan elemen masyarakat di Kendal.

Dikatakan, pihaknya akan melaksanakan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2024, berupa Operasi Ketupat Candi 2024, yang dilaksanakan mulai 4 – 16 April 2024.

“Pemerintah telah menetapkan hari libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah mulai tanggal 6-15 April 2024. Tentunya libur dan cuti yang cukup lama akan berdampak kepada mobolitas masyarakat, khususnya pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2024,” ujarnya.

Untuk itu Kapolres mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama mengantisipasi kerawanan kejahatan dan ikut menjaga kondisifitas di wilayahnya masing-masing, terutama terkait aksi tawuran remaja yang marak di Kendal.

“Mari kita bersama-sama menjalankan proses pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2024 supaya berjalan lancar, aman, nyaman dan damai. Mantabkan kerja sama, sinergitas dan soliditas semua pihak,” tandasnya.

Di sisi lain, Kapolres juga menyebut sebentar lagi akan diadakan pesta demokrasi selanjutnya yaitu Pilkada 2024, yang dijadwalkan berlangsung pada bulan September dan Oktober 2024.

“Sebentar lagi kita menyambut pesta demokrasi terakhir, yaitu Pilkada. Kami berharap dukungan dari bapak dan ibu semua, untuk tetap mendukung dan mensupport kami, memberikan kontribusi, juga kritik kepada kami terkait masalah pengamanan,” harapnya.

Kapolres juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stake holder, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, LSM, ormas dan awak media yang telah membantu terciptanya kondusifitas di wilayah hukum Polres Kendal.

“Kepada personel baik TNI maupun Polri, untuk melaksanakan pengamanan secara humanis, dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun berada, guna menjamin rasa aman dan nyaman masyarakat,” ungkapnya.

“Semoga kita semua diberikan kesehatan, kita semua diberikan nikmat rejeki hingga dapat merasakan nikmatnya puasa sampai selesai dan salat ied nantinya. Sehingga mampu ikut menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Kendal semaksimal mungkin,” imbuh Kapolres.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan dan bingkisan kepada yang membutuhkan, kemudian diisi dengan kuliah tujuh menit (kultum) sebelum buka puasa, dengan pembicara Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kendal, KH Asroi Thohir.

Dalam kultumnya, Kiai Asroi menyampaikan terkait dengan puasa. Menurutnya, kalau masih sehat sebagai muslim harus bisa melaksanakan Puasa Ramadan, karena hukumnya wajib.

“Perlu diketahui bahwa, terkadang puasa tidak membuat orang sakit, malah menguatkan tubuh kita. Para ahli kedokteran dan kesehatan sejak zaman dahulu sampai sekarang berusaha mengungkapkan manfaat dari menjalankan puasa untuk kesehatan manusia, bahkan menjadikan puasa sebagai bagian dari terapi atau pengobatan penyakit,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Kiai Asroi, orang yang menjalankan ibadah puasa, dituntut dan dibiasakan untuk lebih sabar atau tidak mudah marah dalam menghadapi suatu masalah.

“Jadi dengan lebih sabar dan terus berdzikir kepada Allah Subhanahu Wataala, sesungguhnya akan merangsang sistem imun atau kekebalan tubuh kita menjadi lebih kuat. Sehingga kita menjadi tidak mudah menjadi sakit,” imbuhnya. (HS-06).

 

Sido Muncul Peduli Stunting, 95 Anak di Kabupaten Semarang Mendapatkan Bantuan Rp 285 Juta

Bawaslu Jateng: 5 Parpol Ajukan Permohonan Sengketa Hasil Pemilu 2024 di MK