in

Gelar Aksi Peduli, HAKLI Bangun Bagi Sarana Pembuangan Air Limbah di Pengungsian Merapi

Aksi peduli para anggota HAKLI di pos pengungsian Banyurojo Mertoyudan, Kabupaten Magelang. (Foto : magelangkab.go.id)

 

HALO MAGELANG – Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Magelang, membuat Sarana Pembuangan Air Limbah (SPAL) dan membagikan disinfektan, di Pos Pengungsian Banyurojo Mertoyudan. Hal itu dilakukan untuk membantu pengungsi agar tetap sehat, walaupun harus tinggal di pengungsian dalam waktu lama.

Dalam kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 56 ini, para ahli kesehatan lingkungan tersebut, juga membagikan masker dan sabun cuci, ke semua pos pengungsian di wilayah Kabupaten Magelang.

“Kami juga mengedukasi, memberi penyuluhan terkait dengan adanya pandemi Covid-19. Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) di semua pos pengungsian,” kata Ketua Pengurus HAKLI Kabupaten Magelang, Darkam, seperti disampaikan magelangkab.go.id.

Lebih lanjut Darkam mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian anggota HAKLI, kepada para pengungsi. Saat ini mereka bukan hanya menghadapi masalah kesehatan akibat Covid-19, tetapi juga karena harus tinggal di pengungsian, menyusul adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Merapi.

“Dengan melihat kondisi di pengungsian, HAKLI merasa terpanggil untuk ikut berkontribusi guna meminimalisasi kemungkinan terjadinya penularan penyakit, akibat dari kebersihan lingkungan dan pola hidup,” kata Darkam. (HS-08)

Share This

Cegah Narkoba, 400 ASN Pemkab Magelang Jalani Tes Urine

Masa Sulit, Generali Semarang Bayarkan Klaim Kesehatan Nasabah di Semarang