Gedung PSDKU Undip Dibangun di Bandar, Kabupaten Batang

Proses peletakan batu pertama pembangunan Kampus PSDKU Universitas Diponegoro di Desa Tumbreb, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Sabtu (22/8/2020).

 

HALO KENDAL – Gedung Kampus PSDKU Universitas Diponegoro mulai dibangun di atas tanah hibah di Desa Tumbreb, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Sabtu (22/8/2020).

Acara peletakan batu pertama, dipimpin oleh Rektor Undip, Yos Johan Utama dan Bupati Batang Wihaji, serta disaksikan Kasdim Mayor Inf Raji yang mewakili Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Inf Dwison Evianto.

Bupati Batang, Wihaji mengatakan, berdirinya PSDKU Undip di wilayahnya diharapkan bisa meningkatkan nilai Indek Pembangunan Manusia di Batang.

Selain itu juga meningkatkan perekonomian terutama bagi masyarakat sekitar.

“Utamanya adalah bagaimana bisa menjadikan SDM unggul di Kabupaten Batang, terlebih sebentar lagi akan ada Kawasan Industri Terpadu (KIT-red) Batang, tentu membutuhkan tenaga kerja SDM unggul,” terangnya.

Wihaji juga menyampaikan, akan memberikan beasiswa kepada masyarakat yang berprestasi, termasuk anggota paskibraka terbaik tiap tahunnya.

“Kami juga sudah menyiapkan anggaran bagi masyarakat yang berprestasi dengan biaya secara gratis perkuliahan ditanggung oleh pemerintah,” ungkapnya.

Sementara, Rektor Undip, Yos Johan Utama mengatakan, pembangunan gedung PSDKU UNDIP ini telah disiapkan sejak dua tahun lalu dengan tanah hibah dari Pemkab Batang dan dana pembangunan dari Undip.

Dijelaskan, untuk anggarannya sendiri sekitar Rp 10 miliar dan masih bisa berkembang.

“Alhamdulillah Pemkab Batang sangat mendukung dengan cepat dan di Batang ini akan menjadi ”role mode” karena pembangunan ini masih proses pertama,” jelas Johan.

Menurutnya, rencana pembangunan kampus juga akan dikembangkan menjadi pusat pendidikan, penelitian, teaching factory, dan eduwisata teknopark, serta pengembangan domba dan minyak astiri.

“Pembangunan tahap pertama untuk membangun gedung 3 lantai, yakni ruang kuliah, ruang dosen, ruang administrasi dan perkantoran,” pungkas Johan (HS).

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.