Ganjar Punya Lima Jurus Bangkitkan Ekonomi Jateng Saat Pandemi

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berkunjung ke salah satu pelaku UMKM. (Foto : dok)

 

HALO SEMARANG – Diperlukan langkah-langkah luar biasa, agar pada masa resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini, masyarakat bisa terbantu.

Itu pula yang dilakukan Ganjar Pranowo untuk membangkitkan perekonomian di wilayahnya. Gubernur Jawa Tengah ini memailiki lima jurus yang dia lakukan setiap hari.

Jurus pertama Ganjar adalah mengunjungi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sembari tetap melakukan sosialisasi protokol kesehatan Covid-19, dia juga memberikan motivasi usaha pada mereka.

Hampir setiap hari Ganjar melakukannya, sembari gowes pagi atau mampir saat melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah. Beragam pelaku UMKM dia datangi, mulai produk kerajinan, mebel, kuliner, kopi, batik, dan lain-lain.

“Pelaku usaha butuh dikancani. Maka saya datang, ngobrol, lalu bikin vlog agar produknya bisa dipromokan di sosial media,” kata Ganjar.

Jurus kedua, Ganjar membuka gratis endorse di akun instagramnya setiap hari Minggu, melalui program Lapak Ganjar. Telah ribuan produk yang dipromosikan di instastory @ganjar_pranowo.

Berikutnya Ganjar menggandeng e-commerce kelas unicorn, untuk memberikan pelatihan marketing online kepada pelaku UMKM.

“Kami sudah bekerja sama dengan marketplace, mereka yang sudah unicorn. Terus mereka suruh melatih,” jelasnya.

Jurus lainnya adalah dibukanya objek wisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Ganjar memastikan pelaksanaan protokol dengan mengunjunginya langsung. Terakhir ia membuka wisata Karimunjawa.

“Begitu kami longgarkan, sebagian besar destinasi wisata mengajukan pembukaan. Hanya kami minta ketentuannya sangat ketat. Ketika tidak bisa menaati (protokol kesehatan) ya ditutup lagi,” tegas Ganjar.

Terbaru, Ganjar menggelar UKM Virtual Expo 2020. Event ini mencatat rekor karena hanya tiga hari tiga hari (25-27/10/2020) membukukan transaksi Rp 3,1 miliar. Rinciannya, Rp1,9 miliar transaksi ritel dan Rp1,2 miliar order.

Transaksi dengan nilai terbanyak, berasal dari UKM Naruna Keramik Salatiga yang mendapatkan order dari Qatar sebesar Rp1,2 miliar.

Guru besar studi pembangunan di Fakultas Ekonomika Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) Prof FX Sugiyanto, menilai positif program pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19, seperti yang dilakukan Ganjar.

“Apa yang dilakukan Jawa Tengah ini merupakan upaya, bagaimana Jawa Tengah bangkit. Di mana Jawa Tengah membangun kebangkitan atau membangkitkan ekonomi kembali Jawa Tengah yang sempat mengalami kelesuan besar akibat pandemi ini,” kata Sugiyanto. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.