in

Ganjar Pranowo dan Wapres Ma’ruf Amin Shalat Subuh Perdana di Masjid Sheikh Zayed

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wapres RI Ma'ruf Amin, bersama sejumlah pejabat dan masyarakat, mengawali penggunaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, untuk Shalat Subuh berjamaan, Rabu (1/3/2023), (Foto : humas jateng)

 

HALO SURAKARTA – Ratusan orang berbondong-bondong Shalat Subuh berjemaah di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Rabu (1/3/2023), setelah masjid raya itu diresmikan penggunaanya untuk umum, oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Di antara jemaah tersebut, terdapat sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Keduanya menjadi bagian jemaah yang shalat berjemaah perdana di masjid itu.

Rombongan Wakil Presiden dan Ganjar Pranowo tiba di Masjid Raya Sheikh Zayed sekitar pukul 04.30, tepat saat muadzin selesai mengumandangkan adzan. Keduanya langsung mengambil saf paling depan.

Sementara pada saat bersamaan, jemaah lain sebagian sudah berada di dalam dan sisanya masih mengalir masuk ke dalam masjid.

Setelah shalat sunnah, tidak lama kemudian shalat subuh berjemaah perdana bersama masyarakat umum dimulai.

Shalat berjemaah itu berlangsung khusyuk. Wapres Ma’ruf Amin juga sempat memimpin doa bersama usai shalat berjemaah.

Seorang jemaah, Rois Jadi Maulana, mengaku sangat senang dengan dibukanya Masjid Sheikh Zayed  untuk masyarakat umum.

Suasana yang dihadirkan dari masjid tersebut membuatnya semangat beribadah.

“Ini pertama kalinya masuk ke dalam masjid jni. Tentunya masyarakat merasa senang dengan dibukanya masjid ini untuk umum. Tambah semangat untuk beribadah, rasanya itu istimewa,” ujarnya ditemui usia shalat berjemaah.

Ia juga menggambarkan bagaimana kenyamanan begitu terasa saat ia mulai masuk serambi masjid dan beribadah di dalam masjid.

Bahkan, dia merasakan suasana shalat yang berbeda, seakan-akan tidak shalat di Indonesia.

“Waktu masuk ke serambi masjid saya merasa nyaman, merasa hati ini tenang, bagaimana merasakan suasana masjid ini seakan tidak shalat di Indonesia. Alhamdulillah, walaupun kita berbondong-bondong datang ke sini, kita tetap khusyuk beribadah kepada Allah Swt. Masjid ini menghadirkan suasana yang sangat tidak biasa dirasakan di dalam hati begitu senangnya,” ujar warga Solo itu.

Direktur Operasional Masjid Sheikh Zayed, Munajat, mengatakan shalat subuh berjemaah bersama masyarakat umum ini merupakan yang pertama kali dilakukan sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada November 2022 lalu. Memang butuh waktu lama untuk menata areal masjid sebelum dibuka untuk umum.

Pembukaan masjid untuk masyarakat umum dilakukan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menko PMK Muhajir Effendy pada Selasa (28/2/2023) malam.

Pembukaan itu juga diwarnai dengan acara peringatan Isra Mikraj tingkat kenegaraan tahun 2023 di Masjid Raya Sheikh Zayed.

Masjid ini merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque yang berada di Abu Dhabi, UEA, sehingga desainnya dirancang khas Timur Tengah. Masjid seluas 8.000 meter ini memiliki beragam fasilitas.

Antara lain, perpustakaan seluas 20 meter persegi, ruang VIP, ruang pengelola, taman, hingga basement untuk tempat wudhu laki-laki dan perempuan. (HS-08)

Tim Robotik MTsN 1 Pati Raih Perunggu di Malaysia

Samakan Persepsi dan Tujuan Pemenangan Pemilu 2024, Partai Hanura Gelar Rakor Pimpinan DPC se-Jateng