in

Ganjar Gandeng Epidemiolog Ungkap Penyebab Kasus Covid-19 di Kudus

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Dok/Humas Jateng)

 

HALO SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah menyelidiki penyebab peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Kudus.
Dikatakan Ganjar, salah satu upaya yang dilakukannya yaitu dengan menggandeng ahli epidemiolog untuk melakukan penelitian.

“Saya minta ke ahli epidemolog untuk meneliti apakah karena mudik atau transmisi lokal,” kata Ganjar di Kantor Dinasnya, Rabu (2/6/2021).

Ganjar menjelaskan, pengalaman kasus Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Pati, yang disebabkan karena terdapat salah satu warga mudik kemudian menjadi sumber penularan.

“Saya khawatir ini juga bergerak terus menularkan. Tetapi saya juga minta diteliti apakah transmisi lokal juga terjadi,” ujarnya.

Di tengah tingginya angka kasus Covid-19, lanjutnya, masyarakat harus menerapkan perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau menjauhi kerumunan).

Selain itu, lanjut Ganjar, penelusuran kontak erat seperti tracing, testing, dan treatment juga telah dilakukan. Hal itu, adalah salah satu upaya utama dalam penanganan Covid-19.

“Dari situ bisa menjawab dari mana,” tutup Ganjar.(HS)

Share This

Bangun Keharmonisan, Keluarga Besar STIE Semarang Gelar Halal Bi Halal

Jateng Prioritaskan Vaksinasi Terhadap ODGJ Tahap Ke-tiga