in

Ganjar Belajar Ilmu Kehidupan dan Ketenangan Batin di Ponpes Suryalaya

Ganjar Pranowo menyalami KH Baban Ahmad Jihad saat bersilatutahmi ke Pondok Pesantren Suryalaya, Desa Tanjungkerta, Pagerageung, Tasikmalaya, Selasa (10/10/2023) malam.

HALO TASIKMALAYA – Ganjar Pranowo, bakal calon presiden (Bacapres) bersilatutahmi ke Pondok Pesantren Suryalaya, Desa Tanjungkerta, Pagerageung, Tasikmalaya, Selasa (10/10/2023) malam. Ia mendapat banyak pelajaran tentang ilmu kehidupan dan mendapatkan amalan ketenangan batin.

Tiba di lokasi, Ganjar langsung diantar menemui pengasuh KH Baban Ahmad Jihad di ruang tamu kediamannya. Santri yang berada di halaman pesantren riuh menyambut Ganjar.

Kurang lebih 30 menit pertemuan dilakukan terbatas. Selanjutnya, Ganjar salat magrib di masjid komplek pesantren.

Dalam silaturahmi kali ini, mantan Gubernur Jawa Tengah itu pun berziarah ke makam Abah Sepuh dan Abah Anom, ulama besar yang berjasa atas pejuangan Ponpes Suryalaya.

Usai silaturahmi, Ganjar mengatakan di hadapan awak media bahwa kedatangnnya ke Ponpes Suryalaya untuk menimba ilmu dan meminta wejangan kepada ulama.

“Tadi sempat bicara banyak hal. Tentang apa sih hidup apa sih akan dikejar wong seluruh tuntunan agama sudah ada kok. Maka segala sesuatu apalagi sifatnya dunia, Allah SWT sudah gariskan,” ujar Ganjar.

Ia juga dikuatkan bahwa tugas manusia adalah berusaha. Sehingga, diskusi kali ini sangat mencerahkan bagi batinnya.

“Dan kita diajarkan untuk sabar, diajarkan untuk baik dan tentu ini bagian dari nilai-nilai yang ditularkan kepada siapapun,” paparnya.

Menurutnya, Ponpes Suryalaya patut menjadi rujukan menimba ilmu. “Dan Suryalaya ini banyak orang yang datang. Artinya apa, banyak orang yang ingin bersilaturahmi dan bertanya. Alhamdulillah mendapatkan banyak masukan yang positif,” ungkapnya.

Ganjar menambahkan, KH Baban Ahmad telah memberikan hadiah sebuah buku yang berisi tentang amalan-amalan yang membuat ketenangan batin.

“Iya, tentang amalan-amalan ketenangan,” tandasnya.(HS)

Jacobus Dwihartanto Yakin Raih 300 Ribu Suara di Dapil Jateng 1

Relawan Gibran Gelar Doa Pemilu Damai Sekaligus Deklarasi Dukungan Sebagai Cawapres Prabowo