in

Gandeng Swasta, Pemkot Solo Percepat Vaksinasi

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meninjau pelaksanaan vaksinasi lansia dan pralansia, di Gedung Serba Guna Kelurahan Karangasem. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Pemkot Surakarta berupaya mempercepat vaksinasi untuk lansia dan pralansia, dengan menggandeng sejumlah pihak, termasuk perusahaan swasta. Cara ini ditempuh agar Kota Solo dapat segera mencapai herd immunity.

Salah satu upaya yang dilakukan, adalah dengan mengoperasikan mobil klinik untuk vaksinasi lansia dan pralansia, kerja sama Pemkot Surakarta dan Indosat Ooredoo. Pengoperasian mobil klinik di Gedung Serba Guna Kelurahan Karangasem tersebut, ditinjau Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Kamis (24/6).

Dalam kesempatan itu, Gibran meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi, mulai dari antrean warga, hingga proses vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan, Siti Wahyuningsih, saat meresmikan operasional mobil klinik, beberapa waktu lalu menjelaskan penggunaan mobil klinik, merupakan upaya Pemkot Surakarta menggandeng kekuatan dari luar, untuk membantu vaksinasi.

“Pemkot kan sudah punya bus. Nah ini kita tambahi mobil klinik yang menjangkau sampai dalam,” ujarnya.

Mobil klinik vaksinasi, telah mulai beroperasi sejak 23 Juni hingga 30 Juni mendatang dengan jadwal 23 Juni di Mojosongo,  24 Juni di Kelurahan Karangasem, 25 Juni Kelurahan Semanggi, 28 Juni Kelurahan Mojosongo, 29 Juni Kelurahan Kedunglumbu, dan 30 Juni di Kelurahan Mangkubumen. Target peserta 100 per hari dengan dimulai pulul 08.00 WIB – 12.00 WIB.

Sementara itu, upaya mempercepat vaksinasi untuk lansia dan pralansia, juga dilakukan Pemkot Surakarta dengan mengerahkan bus keliling. Kegiatan vaksinasi melalui bus keliling ini, ternyata juga mendapat sambutan antusias dari masyarakat.

Antusiasme warga pralansia dan lansia untuk mendapatkan vaksin ini, antara lain terlihat dalam vaksinasi massal di depan TATV. Melihat antusiasme masyarakat itu, petugas pun selalu mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. Mereka diingatkan agar tetap mengenakan masker dan tidak berkerumun. Protokol kesehatan juga tetap harus dilaksanakan, walaupun sudah mendapatkan vaksin.

Vaksinasi keliling ini akan berlangsung sampai tanggal 30 Juni dengan sasaran warga berumur lebih dari 50 tahun. Adapun untuk vaksinasi massal, Jumat (25/6) diselenggarakan di kantor Kelurahan Semanggi.

Kagiatan vaksinasi massal juga akan digelar Senin (28/6) di RT 02 RW 29 Kelurahan Mojosonggo, Selasa (29/6) di kantor Kelurahan Kedunglumbu dan di depan Graha Sabha Buwana, serta Rabu (30/6) di gedung Posyandu Sambeng Mangkubumen dan di depan Lumbung Batik Sondakan.

Adapun syarat yang harus dipersiapkan peserta, adalah berusia lebih dari 50 tahun dan ber-KTP Surakarta. Vaksinasi di setiap lokasi, akan diselenggarakan pukul 08.00 sampai 12.00 WIB, dengan maksimal sasaran 100 orang per hari.

Pada saat bersamaan, pelayanan vaksinasi untuk warga berusia lebih dari 50 tahun di puskesmas dan rumah sakit tetap berjalan. (HS-08)

Share This

Masih Zona Merah, Semua Proses PPDB di Klaten Digelar Daring

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Surakarta Gelar Penyemprotan Massal