Gairah Olahraga Catur di Kendal Makin Bergeliat

Para pecatur yang mengikuti perlombaan yang diselenggarakan Desa Jatipurwo, Kecamatan Rowosari, Selasa (11/8/2020) malam.

 

HALO KENDAL – Gairah olahraga catur di Kabupaten Kendal bergeliat positif. Beberapa kejuaraan kerap diselenggarakan, baik tingkat lokal, provinsi, maupun nasional.

Terkahir pemuda Desa Jatipurwo, Kecamatan Rowosari menggelar lomba catur dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-75.

Bekerja sama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kendal, sedikitnya ada 60 pecatur yang mengikuti perlombaan yang dilaksanakan, Selasa (11/8/2020) malam.

Acara dihadiri, Ketua Percasi Kendal, Mashuri dan perwakilan pengurus Percasi Jawa Tengah, Martoyo.

Martoyo sendiri berkesempatan menjadi inspektur pertandingan yang digelar dengan sistem swiis enam babak.
Dalam lomba ini, gelar juara berhasil diraih Abdul Ghofur asal Sarirejo Kaliwungu.

Sementara peringkat 2 berhasil diduduki Deddy dari Rowosari, dan peringkat 3 Sulistyo dari Kaliwungu.

Ketua Percasi Kendal Mashuri mengatakan, dirinya juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas digelarnya lomba catur untuk masyarakat umum oleh pemuda Gang Kauman, Desa Jatipurwo.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia pelaksana lomba, juga apresiasi saya berikan kepada para pengurus Percasi Kecamatan Rowosari dan Weleri, yang telah banyak membantu melakukan pembinaan kepada para atlet catur di wilayahnya masing-masing,” ungkapnya.

Mashuri mengaku, meskipun tahun ini turnamen tingkat nasional belum bisa digelar akibat pandemi corona, dirinya berharap tahun depan rencananya Percasi Kendal tersebut dapat direalisasikan.

“Rencananya Percasi Kendal setiap tahun akan menggelar kejuaraan catur tingkat nasional. Namun, di tahun 2020, rencana ini belum bisa direalisasikan karena ada wabah Covid-19,” jelasnya.

Menurutnya, Percasi Kendal beberapa tahun lalu banyak menggelar event kejuaraan tingkat nasional. Pada tahun 2018 dan tahun 2019, pihaknya telah mengadakan Kejuaraan Catur Non Master Open Nasional di Pendopo Kabupaten Kendal.

“Kami juga telah mengadakan Kejuaraan Catur Beregu Nasional yang diikuti peserta dari 3 provinsi, yakni Jateng, Jatim, dan DIY,” ungkapnya.

Sementara itu, Ustad Ali selaku pembina Percasi Kendal sangat mengapresiasi digelarnya lomba catur dan rencana Percasi Kendal untuk menggelar turnamen tahunan catur tingkat nasional.

Menurut calon bupati yang diusung PKB tersebut, langkah Percasi sangat strategis untuk membina para atlet catur di Kabupaten Kendal.

“Saya sangat berharap dengan pembinaan seperti ini dapat melahirkan para atlet catur profesional yang dapat membawa harum Kabupaten Kendal,” harapnya. (HS).

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.