in

Gagap Pabrikan Lain Maju Pesat

Joan Mir/dok.

 

HALO SPORT – Tim Suzuki Ecstar dianggap gagap melihat pabrikan lain yang maju pesat pada MotoGP 2021.

Pembalap Suzuki yang juga juara bertahan MotoGP, Joan Mir, mengaku terkejut dengan kemajuan pabrikan lain seperti Yamaha, Ducati, dan KTM.

Mir mengakui pabrikan pesaing telah selangkah lebih maju daripada Suzuki dari segi pengembangan motor. Menurut dia, kurangnya pengembangan yang membuat timnya kedodoran.

Pria 23 tahun berkebangsaan Spanyol ini menilai motornya, GSX-RR, kurang bisa bersaing dengan tim lain. Dia pun mulai ragu mengenai peluangnya untuk  mempertahankan titel juara.

‘’Harus ada perubahan signifikan sehingga kami bisa lebih baik pada putaran kedua nanti,’’ tutur Mir seperti dikutip dari Speedweek.

Joan masih konsisten, tapi posisi finisnya tidak sebaik musim lalu ketika dia menjadi pelanggan tangga podium.

Dia baru tiga kali naik podium dari sembilan seri balap yang telah digelar, semuanya posisi finis ketiga.

Saat ini Mir tertahan di peringkat keempat. Dia terpaut 55 poin di belakang pemuncak klasemen sementara, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Kendati begitu, Mir yakin pembekuan yang terjadi seharusnya tidak menjadi alasan Suzuki untuk kalah inovasi dari kompetitor mereka.

‘’Saya pikir ini lebih karena Suzuki tidak menemukan langkah besar untuk membuat motornya lebih baik pada musim dingin lalu,’’ tegasnya.

Mir menunjuk pabrikan lain seperti Yamaha, Ducati, KTM, dan Aprilia mengalami peningkatan pesat pada musim ini.

Suzuki, lanjut dia, tak pernah membuat perubahan radikal. Motor baru dibangun secara bertahap.

‘’Honda, Yamaha, Ducati, Aprilia dan KTM  membawa sasis baru, swingarm baru, mesin baru, dan secara progresif mencoba meningkatkan motornya. Saya tidak menyangka ada perubahan besar dari pabrikan lain,’’ jelas mantan pembalap Honda, KTM, dan Kalex ini.(HS)

Share This

Tenang Tunggu Kelanjutan Karier

Bos UFC Siapkan Lawan untuk Makhachev