in

Gagal Jalankan Aksi, Pelaku Curanmor Malah Dihakimi Massa

tes
Ilustrasi Pencurian.

 

HALO SEMARANG – Terduga pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) mengalami sejumlah luka usai dihakimi massa di daerah Pengkol atau Kebuntaman, Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang pada Minggu (29/8/2021) malam.

Terduga pelaku tersebut diketahui bernama Daniel Aviv (23) warga Karangan, Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak.

Dia dihakimi warga selepas diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor di sebuah rumah milik Heru Ardianto (22) di Jalan Tegalsari, Mluweh, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Jarak antara rumah korban dengan lokasi tertangkapnya terduga pelaku berkisar 4 kilometer.

Amukan warga itu bermula ketika pelaku yang hendak kabur setelah gagal melakukan pencurian, setelah berhasil dihadang usai korban meminta tolong sejumlah temannya saat motornya hendak dicuri pelaku.

“Iya korban sempat meminta tolong melalui sambungan telepon untuk menghentikan pelaku,” terang saksi mata Yanuar (25).

Ia menyebut, pelaku sebenarnya ada dua orang, dengan mengendarai motor Vario putih tanpa pelat nomor. Selepas mengetahui ciri-ciri pelaku, korban dan warga lantas menghadangnya di area Pengkol, Tembalang.

Benar saja, para terduga pelaku melintasi jalan tersebut. Warga lantas menghentikannya. Kemudian kedua terduga pelaku terjatuh dari motor saat dikejar massa. Namun satu orang lainnya berhasil kabur dengan menceburkan diri ke sungai.

“Satu pelaku kabur di posisi depan. Yang dihajar massa dia yang bonceng,” jelasnya.

Selain terduga pelaku yang diamuk massa, sarana motor yang digunakan pelaku ikut menjadi sasaran amukan warga dengan dibakar. Saksi lain Yeye (28) menjelaskan, kedua pelaku melakukan percobaan pencurian di rumah korban, Minggu (29/8/2021) sekira pukul 18.21 WIB.

Saat itu motor yang disasar para terduga pelaku berupa Ninja warna hijau bernomor polisi H-2841-SI.

Satu pelaku sempat membawa motor tersebut, akan tetapi korban sempat memergokinya lantas meneriakinya maling.

“Habis itu motor curian ditinggal dan pelaku berdua kabur,” bebernya.

Informasi yang diperoleh, terduga pelaku yang diamuk warga dibawa pihak kepolisian ke RSUD KRMT Wongsonegoro atau RS Ketileng untuk mendapatkan perawatan.

Sedangkan barang bukti aksi kejahatan seperti motor vario dalam keadaan terbakar, kunci leter Y dengan ujung bur pipih, diserahkan oleh Polsek Tembalang ke Polres Ungaran untuk proses hukum selanjutnya.

Terpisah, Wakasatreskrim Polrestabes Semarang, AKP Supriyadi menjelaskan, saat ini kasus tersebut sudah ditangani oleh pihak Polsek Tembalang.

“Langsung ke Kapolsek. Sudah ditangkap satu pelaku infonya. Mereka yang tangani kasusnya,” imbuhnya saat dihubungi Senin (30/8/2021).

Sementara itu, Kapolsek Tembalang Kompol R Arsadi K Safrianto saat dikonfirmasi menerangkan, barang bukti dan tersangka diserahkan ke Polres Ungaran.

“Curanmor TKP (tempat kejadian perkara) Ungaran Timur, ketangkap massa di Tembalang. Tersangka dan barang bukti sudah diserahkan ke Polres Ungaran karena TKP ungaran timur,” tutupnya.(HS)

Share This

Tinjau PTM Hari Pertama, Ganjar Evaluasi Antrean Cuci Tangan

Wali Kota Magelang Optimistis  Selesaikan Persoalan Aset Eks Mako Akabri