in

FTP USM Gelar Workshop PJJ Multimedia

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) menggelar pelatihan peningkatan PJJ berbasis multimedia.

 

HALO SEMARANG – Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) mengadakan pelatihan bagi dosen tentang pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis multimedia pada 4-5 Agustus 2021 lalu.

Pelatihan tersebut dilaksanakan dengan sistem dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) di Gedung V FTP. Adapun tema yang diangkat yaitu “Pelatihan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Multimedia melalui aplikasi E-learning dan Ms Teams”.

Dalam sambutannya Dekan FTP USM Dr Ir Haslina, MSi mengatakan, tujuan diselenggarakannya pelatihan untuk meningkatkan kualitas PJJ.

“Kualitas peningkatan PJJ berbasis multimedia dapat menambah ilmu-ilmu, wawasan, pengetahuan dan peningkatan kualitas kita dalam pembelajaran berbasis media menggunakan aplikasi e-learning dan Ms Teams,” ungkap Haslina.

Hasil pelatihan, lanjutnya, dapat memberikan yang terbaik. Misalnya menciptakan bahan ajar menarik yang dapat mudah dipahami.

“Pada workshop ini kita belajar bersama-sama membuat video yang nantinya akan digunakan untuk bahan ajar yang akan kita terapkan dalam proses ajar berbasis media dan sebagai alternative untuk dosen-dosen menyajikan materi perkuliahan agar lebih menarik,” tambahnya.

Sebagai nara sumber dari tim e-learning USM Khoiruddin, SKom, MEng mengatakan, kebiasaan pembelajaran dengan e-learning telah tercipta sejak status pandemi. Oleh karena itu, lanjutnya, e-learning dapat dijadikan standarisasi.

“Dosen–dosen pun harus mengaktifkan kotak centang aktivitas dengan cara mengubah activity completion dengan snow activity as complete when conditions are met, yang nantinya seluruh mahasiswa harus mendownload dan membaca yang nantinya akan otomatis centang atau ada notifikasinya,” tuturnya.

Sebagai informasi, selama pandemi berlangsung, USM telah menerapkan pembelajaran dengan sistem Learning Manajemen System (LMS) sesuai anjuran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.(HS)

Share This

Komisi C DPRD Kota Semarang Berharap Pembangunan Jalan Sriwijaya Baru Bisa Selesai Akhir Tahun

Program Padat Karya Tunai PUPR di Papua di 20 Lokasi Libatkan 346 Warga Lokal