in

Fraksi PKS Minta Pemprov Jateng Perhatikan Ekonomi Masyarakat Kelas Bawah

Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Tengah, Arifin Mustofa.

 

HALO SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dituntut untuk serius memperhatikan ekonomi masyarakat, terutama ekonomi di kelas menengah ke bawah. Hal itu diungkapkan Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Tengah, Arifin Mustofa, Rabu (4/8/2021).

Arifin menjelaskan, tuntutan tersebut merupakan respon fraksinya terkait keputusan pemerintah pusat yang memperpanjang PPKM Level IV sampai dengan tanggal 9 Agustus mendatang.

“Tentunya kami yakin pemerintah pusat telah memiliki pertimbangan yang matang, telah melakukan kajian mendalam terkait keputusan memperpanjang PPKM yang berkaitan dengan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia,” jelasnya.

Baginya, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus melindungi, dan mensejahterakan rakyatnya dalam hal keadaan kesehatan serta kondisi perekonomian saat ini.

“Namun yang tak boleh diabaikan adalah dampak perpanjangan PPKM ini terhadap aktivitas ekonomi, terutama masyarakat di kalangan bawah,” tegasnya.

Lebih lanjut, menurutnya, jika tidak diperhatikan dengan serius akan berimbas permasalahan sosial di masyarakat. Ia mengusulkan, pertama adalah optimalisasi bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19.

“Bantuan sosial harus dapat dioptimalkan terutama untuk masyarakat menengah ke bawah, karena masih ada warga masyarakat yang belum mendapatkan bantuan tersebut,” paparnya.

Lalu yang kedua, memperhatikan penyerapan anggaran penanganan Covid-19. Karena menurutnya, penyerapan anggaran tersebut di Jawa Tengah masih terbilang rendah.

Disebutkan Arifin, dari data yang didapat dari Kemendagri per tanggal 22 Juli 2021 lalu, dari total anggaran sebesar Rp 164,62 miliar, baru terserap sebanyak 0,15 persen.

“Jika data tersebut benar maka sangat disayangkan penyerapan anggarannya minim. Gubernur harus serius dalam penanganan Covid-19 ini salah satunya adalah dengan optimaliasi anggaran penanganan Covid-19,” ujarnya.

Dengan adanya perpanjangan PPKM Level IV, tambahnya, pemerintah harus menjangkau lebih banyak orang untuk vaksinasi.

“Percepatan vaksin dapat dikolaborasikan dengan lembaga-lembaga yang ada di Jawa tengah. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial PKS sendiri siap membantu pemerintah untuk mensukseskan dan melancarkan program vaksinasi,” tandas Anggota Komisi D DPRD Jateng ini.(HS)

Share This

Bakal Dibangun, Materi Monumen Pahlawan Tugu di Taman Jrakah Akan Dipindah

Rektor USM Buka Program KMMI