Fraksi PKS DPRD Jateng Terima Aduan LSM Internasional Terkait Lemahnya Perlindungan ABK

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Jateng, Riyono saat menerima aduan dari Fisher Center di ruang Fraksi PKS DPRD Jateng, Rabu (14/10/2020).

 

HALO SEMARANG – Fraksi PKS DPRD Jawa Tengah menerima aduan dari perwakilan Fisher Center yang berafiliasi dengan Plan Internasional, terkait lemahnya perlindungan Anak Buah Kapal (ABK) perikanan di Indonesia maupun di luar negeri.

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Jateng, Riyono menerima aduan ini di ruang Fraksi PKS DPRD Jateng, Rabu (14/10/2020).

Menurut Amrullah MAP, selaku aktifis Fisher Center, ada dua hal yang menjadi isu utama ABK perikanan, terkait perlindungan dan kesejahteraan.

Menurutnya, ABK perikanan dalam negeri maupun yang menjadi imigran di luar negeri, masih belum memiliki perlindungan yang jelas sebagai pekerja. Baik terkait hak-hak dan keselamatan kerja mereka. Padahal risiko pekerjaan mereka sangat besar.

“ABK perikanan juga kurang tercover dari segi kesejahteraan, sistem penggajian masih ada yang bagi hasil, dan bahkan ada kasus upahnya menunggak hingga berbulan-bulan,” ujarnya.

Amrullah menambahkan, pemilik kapal dan nahkoda di Indonesia, belum mengcover ABK perikanannya dalam bentuk asuransi sejenis BPJS ketenagakerjaan atau asuransi swasta sejenisnya.

Menanggapi keluhan tersebut, Riyono mendukung upaya yang dilakukan oleh Fisher Center, salah satunya dengan memperjuangkan regulasi terkait keselamatan ABK perikanan di Indonesia.

“Kita berkaca pada kasus penindasan WNI di kapal asal Tiongkok belum lama ini, di mana para ABK asal Indonesia dipaksa bekerja ber jam-jam tanpa diberikan upah dan makan yang layak. Bahkan ada yang sakit karena kelelahan, jenazahnya dilarung ke laut,” ujarnya.

Dia menambahkan, perlu adanya regulasi untuk melindungi dan menyejahterakan para ABK WNI ini.

“Indonesia harus meratifikasi perjanjian ILO 188 tentang ABK agar Indonesia mampu melindungi ABK secara maksimal, baik di dalam maupun di luar negeri,” katanya.(HS-01)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.