in

FPU III Minusca Dibekali Kemampuan Manajemen Stres pada Prapenugasan

Pelatihan Prapenugasan personel Polri yang akan dikirim dalam misi FPU III United Nation Multidimensional Integrated Stabilization Mission In The Centeral African (Minusca). (Foto : Tribratanews.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Divisi Hubungan Internasional Polri, saat ini sedang melaksanakan pelatihan Prapenugasan pada personel yang dikirim dalam misi FPU III United Nation Multidimensional Integrated Stabilization Mission In The Centeral African (Minusca). Prapenugasan akan dilaksanakan pada April – Agustus 2021, di Puslat Brimob Cikeas dan Pusdik Lantas Serpong, Tangerang, Banten. Adapun pemberangkatan pasukan, akan dilakukan pada September 2021 menuju Bangui, Afrika Tengah.

FPU III Minusca merupakan kontingen ketiga yang mana sebelumnya Polri telah mengirimkan dua kontingen yaitu FPU I Minusca (2019-2020) dan FPU II Minusca (2020-sekarang).

Selain memiliki kemampuan taktis dan spesialisasi seperti bahasa, mekanik, memasak, dan mengemudi, para personel Satgas FPU III Minusca dibekali kemampuan manajemen stres.

“Permasalahan yang dihadapi setiap personel peacekeeper, salah satunya adalah tingginya tingkat kejenuhan dan stres di daerah misi, sehingga setiap personel FPU III Minusca harus memiliki kemampuan manajemen stres sebagai penunjang keberhasilan tugas,” ungkap Kasatgas FPU III Minusca, AKBP Raymon Marcellino Masengi SIK MH.

Pada kegiatan pra penugasan FPU III Minusca, Divisi Hubungan Internasional Polri mempersiapkan materi-materi pelatihan, seperti membangun mindkindness, problem solving, membentuk kerja sama tim melalui kegiatan team building, mengedepankan pola pengasuhan dari satuan terkecil mulai dari unit, regu, peleton hingga kontingen dan membentuk hubungan kekeluargaan antara satu dengan yang lain.

“Saya merasa bangga karena dapat menjadi bagian dari kontingen FPU III Minusca dan harapan saya kontingen ini dapat melaksanakan tugas misi perdamaian dunia sebaik-bainya,” ujar Kasubbag Beklat Bag Damkeman Divisi Hubungan Internasional Polri, AKBP Indra Fadilla Siregar SIK.

Kemampuan yang dimiliki setiap personil FPU III Minusca ini merupakan keberhasilan Satgas dalam mengelola personel mulai dari Perwira, Bintara maupun Tamtama. Hal tersebut diharapkan dapat menunjang tugas para personel satgas di daerah misi perdamaian, (HS-08)

Share This

Mendes PDTT Proyeksikan Daerah Tertinggal yang Terentaskan Lebihi Target RPJMN

Yoyok Sukawi Setuju Gedung DPR/MPR Digunakan sebagai RSD Covid