Fokus Kerja Bupati Klaten Selaras Arahan Presiden

Jajaran Pemkab Klaten mengikuti rakor kepala daerah hasil pilkada serentak 2020, yang digelar secara virtual, Rabu (14/4). (Foto : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan bahwa fokus kerja Bupati dan Wakil Bupati Klaten 2021-2026, sudah selaras dengan arahan Presiden Jokowi tentang penanganan kesehatan, pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Pada tahun pertamanya menjabat, arah pembangunan mengarah pada pemulihan ekonomi dan kesehatan dengan prioritas penangan pandemi.

Di tahun kedua, pemulihan ekonomi dilanjutkan peningkatan kesehatan masyarakat dengan pencegahan penyebaran virus, perawatan penderita, dan percepatan vaksinasi.

“Pemulihan ekonomi  difokuskan dengan mendorong sektor-sektor yang dapat  meningkatkan kesejahteraan masyarakat mulai dari pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan segala bentuk regulasi, birokrasi, dan transparansi ekonomi,” katanya, seperti dirilis Klatenkab.go.id.

Sementara di tahun ketiga hingga tahun kelima, difokuskan untuk pemanfaatan sumber daya berkualitas, penyediaan sarana dan prasarana berkualitas, dan perwujudan dunia usaha yang kondusif.

Sementara itu sebelumnya, Presiden Joko Widodo, dalam rakor kepala daerah hasil pilkada serentak 2020 yang digelar secara virtual, Rabu (14/4), menyampaikan sektor kesehatan perlu diperhatikan di masa pandemi seperti saat ini.

Pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota, diminta untuk memfokuskan program kerjanya, pada penanganan dan peningkatkan kapasitas kesehatan masyarakat. Hal ini merujuk pada perkembangan kasus penyebaran Covid-19.

Pasalnya sektor kesehatan, berpengaruh pada sektor lainnya, terutama sektor ekonomi.

“Karena itu, saya minta pimpinan di daerah, gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, dan wali kota, wakil wali kota, untuk memprioritaskan penanganan kesehatan masyarakat, agar angka Covid-19 semakin ditekan. Karena naik turunnya angka di daerah, akan berpengaruh pada angka secara nasional,” papar Presiden.

Setelah sektor kesehatan stabil dan angka penularan Covid-19 berhasil ditekan, sektor ekonomi menjadi prioritas berikutnya. Kendati demikian, Presiden mengingatkan agar pimpinan daerah tidak terlena dengan penurunan angka yang terjadi.

“Silahkan buka sektor per sektor, jangan buru-buru untuk membuka semuanya. Kita tidak ingin, dampak dibukanya semua sektor berakibat melonjaknya angka Covid secara signifikan. Lakukan bertahap, buka satu sektor, hati-hati, dipantau, baru kemudian buka lagi yang lainnya,” ungkapnya. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.