Fix, Daftar Pemilih Tetap Pilkada Kendal 785.303 Pemilih

Foto ilustrasi Pilkada 2020.

 

HALO KENDAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kendal Tahun 2020, di Aula KPU Kendal, Senin (12/10/2020).

Untuk DPT, KPU Kendal telah menetapkan sebesar 785.303 pemilih, yang terdiri dari 391.047 pemilih laki-laki dan 394.256 pemilih perempuan.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kendal, Akhmad Zainutolibin mengatakan, penyusunan DPT ini sudah merespon dan menindaklanjuti rekomendasi dari Bawaslu.

Dijelaskan, jika dibandingkan dengan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sebesar 787.632, berarti ada selisih sebanyak 2.329 nama.

“Hal ini karena sebelum penyusunan DPT, ada pemilih ganda, pemilih yang sudah meninggal dan pindah domisili. DPT ini sudah tidak ada masalah, masukan atau rekomendasi dari Bawaslu terhadap DPS sudah ditindaklanjuti,” jelas Zainutolibin.

Jika ada pemilih yang belum terdaftar di DPT, lanjutnya, maka akan dimasukkan dalam DPT Tambahan yang bisa menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan E-KTP.

“Bagi pemilih yang menggunakan E-KTP, penggunaannya setelah pukul 12.00 siang dan sesuai alamat. Mulai tanggal 28 Oktober nanti, DPT ini sudah ditempel di seluruh balai desa, dan tempat strategis, bisa di rumah ketua RT atau RW,” katanya.

Sementara itu, Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kendal, Achmad Ghozali mengatakan, DPT yang ditetapkan ini sudah tidak ada masalah.

“Karena KPU Kendal sudah menindakanjuti semua saran perbaikan yang disampaikan Bawaslu,” ungkapnya.

Saran perbaikan dari Bawaslu, lanjut Ghozali, di antaranya terkait pemilih ganda yang jumlahnya sekitar 1.962, data pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) atau tidak lengkap, seperti NIK, tanggal lahir, nama dan alamat.

“DPT yang ditetapkan ini sudah clear, tidak ada masalah. Dan selanjutnya, Bawaslu tetap melakukan pengawasan DPT, baik pemeliharaan DPT maupun mencermati DPT tambahan,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.